PENERAPAN BALANCE SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA XI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jumia.v1i1.977Keywords:
Balance Scorecard,Perspektif Keuangan,Perspektif Pelanggan,Perspektif Proses Internal Bisnis,Perspektif Pertumbuhan dan PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja dari sebuah perusahaan dengan menggunakan metode balance scorecard dari perspektif keuangan,perspektif pelanggan,perspektif proses internal bisnis ,dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber primer yaitu data yang diolah dari annual report dan literatur lain sebagai sumber sekunder. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil analisa dengan balance scorecard didapatkan dari perspektif keuangan bahwa rasio asset bahwa perusahaan mampu membayar kewajiban jangka pendeknya. Berdasarkan perspektif pelanggan, didapatkan bahwa pelanggan mendapatkan kepuasan yang tinggi pada tahun 2017. Berdasarkan perspektif internal bisnis didapatkan bahwa perusahaan masih mampu untuk bertransaksi dengan jumlah penjualan yang lebih besar dari pembelian. Sedangkan, menurut perspektif pelatihan dan pembelajaran menunjukkan bahwa banyak karyawan yang dilatih namun jumlah karyawan menurun dibanding tahun sebelumnya.