PERAN UNIT APRON MOVEMENT CONTROL (AMC) DALAM MENJAMIN KESELAMATAN PENERBANGAN DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN HASANUDDIN MAKASSAR

  • Besse Novariani Amri Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Peran, Apron Movement Control, Keselamatan Penerbangan

Abstract

Apron Movement Control (AMC) merupakan personil Bandar Udara yang memiliki lisensi dan rating untuk melaksanakan tugas sebagai penanggung jawab kegiatan operasi penerbangan, pengawasan, pergerakan pesawat udara, lalu lintas kendaraan, penumpang dan pengawasan kebersihan di area sisi udara serta mencatat data penerbangan di apron. Pengawasan yang dilakukan oleh Apron Movement Control (AMC) bertujuan salah satunya untuk menciptakan keamanan dan keselamatan pada aktivitas penerbangan serta menciptakan kedisiplinan dari pengguna jasa yang dapat berpengaruh terhadap aktivitas di sisi udara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya unit AMC dalam menjami keselamatan di sisi udara, bagaimana sistem kerja unit AMC serta apa saja peralatan pendukung unit AMC dalam melaksanakan pelayanan dan pengawasan di sisi udara Bandar Udara Sultan Hasanuddin Makassar.

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasinya yaitu melakukan tinjauan atau pengamatan langsung pada unit AMC. Wawancara pada penelitian ini yaitu petugas AMC yang terdiri dari 1 kepala unit dan 1 personel. Dokumentasinya yaitu dengan mengambil gambar terhadap semua kejadian atau masalah dilapangan.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa upaya untuk menjamin keselamatan di sisi udara Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Unit AMC melaksanakan tugas dan tanggung jawab yaitu dengan melakukan pengawasan secara ketat kegiatan operasional di sisi udara. Pengawasan tersebut adalah pengawasan terhadap semua pergerakan lalu lintas di sisi udara, petugas yang bekerja di sisi udara, kendaraan-kendaraan personel, pergerakan penumpang, menjaga kebersihan di wilayah apron serta melakukan koordinasi dengan pihak ATC dan GH terkait penanganan pesawat udara. Sistem kerja dari unit AMC Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yaitu dengan menggunakan sistem shift yaitu shift pagi, siang dan malam. Kemudian peralatan pendukung unit AMC secara keseluruhan yaitu Follow Me Car, Radio VHF, HT, PABX, Ear Muff, Teropong, Komputer, Printer. Untuk peralatan pedukungan personel yang dilapangan yaitu hanya cukup dengan menggunakan Follow Me Car dan HT saja.

Published
2022-09-14