ANALISIS STRATEGI MASKAPAI BATIK AIR DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PARA KARYAWANNYA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL RAJA HAJI FISABILILLAH

  • raja rika anisa Transportasi Udara Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Faiz Albanna Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Keywords: Maskapai Batik Air, Karyawan, Bandar Udara

Abstract

Transportasi di Indonesia terdiri dari transportasi laut,darat dan udara. Transportasi udara sangat diminati oleh masyarakat Indonesia dikarenakan transportasi udara lebih cepat dan lebihnya dibandingkan dengan transportasi lainnya, tidak hanya itu transportasi udara juga lebih terjangkau jika berpergian jauh dari pada transportasi darat dan laut.

Tujuan penelitian adalah 1) untuk mengetahui apa strategi yang dipakai oleh maskapai Batik Air untuk memulihkan keuangannya agar tetap beroperasi di masa pandemi Covid-19 2) untuk mengetahui bagaimana prosedur kebijakan maskapai Batik Air dalam memenuhi kebutuhan karyawannya pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen yang berasal dari perusahaan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) ada 10 faktor yang berpengaruh signifikan terhadap Strategi maskapai Batik Air untuk memulihkan keuangan agar tetap beroperasi di masa pandemik covid-19 2) kebijakan maskapai Batik Air dalam memenuhi kebutuhan karyawan pada masa pandemik covid-19 sudah diterapkan dengan baik serta mengerahkan semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan penerbangan sebagai aset utama yang paling berperan dalam tercapainya tujuan strategis ini.

Published
2023-01-19