Analisis Pelayanan Check-In Counter Terhadap KepuasanPenumpang Pada Maskapai Lion Air Di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang

  • Muhammad Dhiyaul Aufa Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Yuniar Istiyani, S.IP., M.Sc Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

Abstrak

Transportasi udara menjadi salah satu pilihan jenis transportasi yang ada di Indonesia dan banyak diminati oleh banyak orang. Permasalahan yang sering terjadi pada Check-in Counter di bandar udara Internasional Jenderal Ahmad Yani yaitu kurangnya disiplin waktu dari petugas Check-In Counter sehingga mengakibatkan antrian panjang dan kurangnya pengalaman service excellent pada oleh petugas Check-In Counter. Sebanyak 3.355.660 penumpang menggunakan jasa penerbangan yang keluar dan masuk di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani. Penelitian ini bertujuan untuk: 1)Untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan dari pelayanan Check-In Counter terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. 2)Untuk mengetahui seberapa besar dampak pengaruh yang ditimbulkan dari pelayanan Check-In Counter terhadap kepuasan penumpang di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang.

 

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dengan total sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden, dan jumlah populasi sebanyak 480 penumpang. Adapun responden dalam penelitian ini merupakan para pengguna jasa transportasi udara untuk penerbangan domestik di Bandar Udara Internasional Ahmad Yani Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sample(sampel bertujuan) karena cara pengambilan sampel sesuai kriteria tertentu. Penelitian ini mempunyai satu variabel independent pelayanan (X) dan variabel dependent kepuasan penumpang (Y).

 

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel pelayanan check-in (X) terhadap variabel kepuasan penumpang (Y) dengan hasil Uji t diperoleh 0.000 yang artinya nilai signifikansi lebih kecil dari 0.05 (0.000 < 0.05). Hasil pengujian R Square (R2) disimpulkan bahwa pelayanan penumpang mempengaruhi kepuasan penumpang sebesar 0.828. Dapat ditarik kesimpulan bahwa pelayanan Check-In Counter mempengaruhi kepuasan penumpang sebesar 68.5% dan sisanya sebesar 31.5% dijelaskan oleh varibel lainnya yag tidak diuji kedalam penelitian ini.

Diterbitkan
2023-05-16