ANALISA METODE PENGAKUAN PENDAPATAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP LABA RUGI PERUSAHAAN DI LENTERA ILMU

  • Eva Ristianti Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Imhar Universitas Panca Sakti Bekasi

Abstrak

Dalam rangka memenuhi sebagian dari persyaratan guna memperoleh gelar Sarjana Ekonomi di Universitas Panca Sakti Bekasi, penulis telah melakukan penelitian pada Lentera Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk mengetahui kebijakan yang diterapkan oleh Lentera Ilmu Cendekia terhadap penerapan metode pengakuan pendapatan dan pengaruhnya terhadap laba rugi perusahaan. Penelitian yang dilakukan adalah dengan peninjauan Lapangan (Field Research) dalam bentuk pengumpulan data keuangan seperti Laporan Neraca dan Laba Rugi pada periode 2020 dan Penelitian Kepustakaan (Library Research)) dalam bentuk pencarian teori-teori tentang metode pengakuan pendapatan.

                Hasil penelitian membuktikan bahwa selama periode tahun 2020 Lentera Ilmu sebagai perusahaan yang bergerak dibidang penerbitan yang baru tiga tahun berdiri telah menerapkan metode pengakuan pendapatan kontrak/cetakan selesai dimana pendapatan baru diakui setelah pengiriman/pencetakan selesai. Atas apa yang telah diterapkan oleh Lentera Ilmu selama periode 2020 dapat diambil kesimpulan bahwa Lentera Ilmu dapat menggunakan metode pengakuan pendapatan prosentase penyelesaian dimana pendapatan dapat diakui setelah pencetakan selesai.

                Kedepannya agar Lentera Ilmu memperoleh laba yang lebih besar, diharapkan perusahaan menerapkan metode pengakuan pendapatan yang tepat sehingga laba dapat ditaksir setiap tahunnya dan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM agar hasil dicapai dapat menjadi lebih maksimal.

Diterbitkan
2023-05-12