ANALISIS DAMPAK SEARCH ENGINE OPTIMATION (SEO) PADA E-COMMERCE YANG ADA DI INDONESIA

  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ahmaad Thoriq Alfan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Wein Rizki Dharmawan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: SEO, E-commerce, Dampak

Abstract

Perdagangan elektronik, yang biasa dikenal sebagai "e-commerce," mengacu pada praktik melakukan transaksi komersial secara online melalui penggunaan jaringan seperti internet.  Transaksi ini mungkin termasuk pertukaran baik komoditas atau jasa.  Pertumbuhan jumlah situs web e-commerce yang berkembang secara signifikan, terutama di Indonesia selama beberapa tahun terakhir Persaingan bisnis tumbuh lebih keras dan lebih agresif dari sebelumnya.  Setiap pemilik toko atau aktor internet bisnis yang beroperasi secara online berusaha untuk mengalahkan satu sama lain dalam hal jumlah kunjungan yang mereka dapatkan.  banyak orang ke halaman web toko internet perusahaan yang mereka miliki.  Ada banyak strategi berbeda yang dapat digunakan untuk meningkatkan jumlah orang yang mengunjungi halaman situs web, khususnya bisnis online. Memanfaatkan blog, optimisasi mesin pencari, memasang iklan melalui google adsense atau halaman penggemar facebook, dan memanfaatkan media jejaring sosial adalah beberapa pendekatan yang lebih umum. Sebenarnya, pola ini telah meningkat selama beberapa tahun terakhir, seperti halnya penggunaan aplikasi seluler (instant messenger) yang tumbuh dengan kecepatan yang tidak kalah cepat dengan web bahkan mengalahkan sistem operasional pada web. Pada penelitian ini pendekatan yang akan dibahas secara lebih rinci adalah salah satu yang berkaitan dengan teknik untuk menggunakan mesin pencari optimasi, juga dikenal sebagai Search Engine Optimization (SEO).  Teknik-teknik ini akan digunakan untuk meningkatkan jumlah pengunjung yang masuk ke halaman situs web, dan juga akan digunakan agar halaman situs web dapat dideteksi atau dilacak dengan baik di mesin pencari.

Published
2023-05-12