Pemilihan Vendor Tablet & Laptop Terbaik untuk Multimedia Mobil Perpustakaan Keliling Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW)

  • Soetam Rizky Wicaksono Universitas Ma Chung
  • Christian Adri Wibisono Hartanto Universitas Ma Chung
  • Leonardo Steven Wijaya Universitas Ma Chung
Keywords: multimedia, vendor, perpustakaan, tablet, laptop, SAW, MCDM

Abstract

Metode Simple Additive Weighting (SAW) merupakan metode penjumlahan yang terbobot dan sering digunakan dalam merankingkan alternatif sehingga didapatkan yang terbaik sesuai kebutuhan. Pada penelitian ini digunakan untuk memilih vendor tablet dan laptop dalam pembangunan paket multimedia mobil perpustakaan keliling. Penelitian ini dilakukan menggunakan dokumen Kerangka Acuan Kerja (KAK) & Spesifikasi Teknis, dengan simulasi tanpa melibatkan pengadaan secara riil. Dalam penelitian ini, tablet Lenovo Yoga Book dan laptop Dell Inspiron 5406 terpilih sebagai pilihan terbaik dengan memenuhi semua kriteria yang dibutuhkan. Tablet Lenovo Yoga Book memiliki skor 0,97 dengan fitur-fitur seperti kecepatan processor yang cukup, kapasitas penyimpanan yang memadai, portabilitas dan ukuran yang sesuai, resolusi layar yang baik, serta daya tahan baterai yang baik. Laptop Dell Inspiron 5406 memiliki skor 0,98 dengan kecepatan processor yang tinggi, kapasitas penyimpanan yang mencukupi, portabilitas dan ukuran yang memadai, resolusi layar yang baik, serta daya tahan baterai yang optimal. Dengan memilih vendor yang tepat, diharapkan pengadaan barang dapat dilakukan dengan efektif dan efisien, serta mengurangi risiko kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Published
2023-12-06
How to Cite
Wicaksono, S. R., Hartanto, C. A. W., & Wijaya, L. S. (2023). Pemilihan Vendor Tablet & Laptop Terbaik untuk Multimedia Mobil Perpustakaan Keliling Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Publikasi Ilmu Komputer Dan Multimedia, 3(1), 01-13. https://doi.org/10.55606/jupikom.v3i1.1580