FITUR HALAL SHOPEE BAROKAH SEBAGAI PREFERENSI BELANJA ONLINE MUSLIM DI ERA DIGITAL

Authors

  • Izza Faiza IAIN Pekalongan
  • Lisa Nurani IAIN Pekalongan
  • Indah Permatasari IAIN Pekalongan
  • Hendri Hermawan Adinugraha IAIN Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i1.198

Keywords:

E-Commerce, Fitur Shopee Baroka, Konsumen Muslim.

Abstract

E-commerce telah mengalami perkembangan pesat pada masa pandemi. Shopee sebagai salah satu e-commerce di Indonesia merespons besarnya potensi dan permintaan pasar Syariah di Indonesia dengan meresmikan fitur khusus bernama Shopee Barokah. Fitur ini secara khusus menjual ragam produk mulai dari makanan, minuman, fashion Muslim, kecantikan yang seluruhnya bersertifikasi halal, buku-buku Islam, dan lainnya. Keberadaan Shopee Barokah tentunya menjadi sebuah alternaltif belanja online Muslim dengan tetap memperhatikan syariat Islam. Shopee Barokah juga diharapkan dapat menjadi fitur e-commerce yang ramah akan konsumen Muslim, sehingga dari mulai produk sampai proses transaksi dan pembayarannya sudah sesuai dengan Syariah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perkembangan fitur Shopee Barokah sebagai preferensi belanja online Muslim di era digital dan untuk mengetahui prospek penggunaan fitur Shopee Barokah bagi pengguna Shopee di Kabupaten Pekalongan. Adapun Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa perkembangan fitur Shopee Barokah memiliki potensi yang sangat besar sebagai paltform e-commerce pertama yang mengembangkan fitur belanja online berbasis syariah. Dimana dengan adanya fitur ini dapat memfasilitasi kehalalan produk yang akan memudahkan konsumen Muslim dalam menentukan produk yang akan dibeli tanpa khawatir produk tersebut tidak halal atau tidak sesuai dengan prinsip syariah.

Downloads

Published

2022-01-27

How to Cite

Faiza, I., Lisa Nurani, Indah Permatasari, & Hendri Hermawan Adinugraha. (2022). FITUR HALAL SHOPEE BAROKAH SEBAGAI PREFERENSI BELANJA ONLINE MUSLIM DI ERA DIGITAL. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(1), 78–87. https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i1.198