Analisis Lingkungan Kerja dan Hubungan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT XYZ

Authors

  • Izhatullaili Izhatullaili Politeknik Ketenagakerjaan
  • Dony Firman Santosa Politeknik Ketenagakerjaan
  • Yulian Dwi Putri Nurlaili Politeknik Ketenagakerjaan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i3.655

Keywords:

pengaruh, faktor, kepuasan kerja.

Abstract

Penelitian ini didasarkan adanya turn over karyawan di PT XYZ yang diduga dipengaruhi oleh kepuasan kerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pengaruh yaitu lingkungan kerja (X1) dan hubungan pekerjaan (X2) terhadap kepuasan kerja karyawan (Y) menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan lingkungan kerja berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan secara parsial dan hubungan kerja tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan secara parsial.

References

Adams, J.S. (1965), “Inequity in social exchange”, in Berkowitz, L. (Ed.), Advances in Experimental Social Psychology, Academic Press, New York, NY, pp. 267-299.

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.

Andrian Pratama Putra. “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Usaha Tempe Rumahan (UD. Jaya Agung)” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Oktober 2019.

Agung Panudju. 2010. “Pengaruh Kompensasi dan Karakteristik Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan unit PT.X Palembang”,Jurnal Manajemen dan bisnis Sriwijaya.Vol.1.No.2.

Ayudhia Nadella , Dr. Maya Ariyanti S.E., M.M. , M. Yudha Febrianta “Analisis kualitas layanan platform online groceries menggunakan text network analysis” Desember 2019

Budi Widadi, Fania Mutiara Savitri. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan (Studi Kasus Pada PT. Bank XYZ (Persero) Tbk. Area Tegal)” Majalah Ilmiah Solusi, 3 Juli 2019.

Danang. (2015). Penulisan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Buku Seru

Kadarmo dkk, 2001, Koordinasi dan Hubungan Kerja, Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia, Jakarta

Marwansyah. (2016). MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA. Bandung: Alfabeta.

Mathis, Robert L. dan John H. Jackson, 2006, Human Resource Management , Edisi 10, Jakarta: Salemba Empat.

Munandar, A.S., Bertina Sjabaddhyni dan Rufus Patty Wutun., (2004). Peran Budaya Organisasi Dalam Peningkatam Unjuk Kerja Perusahaan, Depok. Penerbit PIO Fakultas Psikologi, Universitas Indonesia, Jakarta

Rici L, Peggy M, dan Victor Lengkong. “Analisis Faktor Faktor Penentuan Kepuasan Kerja Pegawai Bank Sulutgo”, urnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 2016.

Riduwan, 2015. Belajar Mudah Penulisan untuk Guru-Karyawan dan Penelita Pemula. Bandung: Alfabeta.

Robbins, P.Stephen dan Timothy A. Judge. 2012. Perilaku Organisasi. Salemba Empat. Jakarta

Ropii Hadish. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan Pada PT Perkebunan Sumatera Utara Simpang Gambir Kabupaten Mandailing Natal”, IAIN Padangsimpuan, Juli 2019.

Samsudin, Sadili. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia

Sedarmayanti, M.Pd,. APU. 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung : Penerbit Mandar Maju

Simamora, Henry (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIEY

Siwi Ultima Kadarmo dkk, 2001, Koordinasi dan Hubungan Kerja, Lembaga Administrasi Negara-Republik Indonesia, Jakarta

Steven Saputra dan Kurniati W. Andani, “Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Karyawan pada PT Citra Crocotama International di Jakarta”, Jurnal Manajerial dan Kewirausahaan, Universitas Tarumanagara Jakarta, 2021.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penulisan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sutrisno, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia (Pertama). PRENADAMEDIA GROUP

Downloads

Published

2022-09-28

How to Cite

Izhatullaili Izhatullaili, Dony Firman Santosa, & Yulian Dwi Putri Nurlaili. (2022). Analisis Lingkungan Kerja dan Hubungan Pekerjaan terhadap Kepuasan Kerja Karyawan PT XYZ. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 38–52. https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i3.655