PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

  • Mirza Dwiarti Universitas Islam Kadiri
  • Ririn Wahyu Arida Universitas Islam Kadiri
  • Kukuh Harianto Universitas Islam Kadiri
Keywords: Nilai Perusahaan, Kebijakan Hutang, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan (Size)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebijakan hutang, profitabilitasm dan ukuran perusahaan (size) terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor kimia yang terdafatar di BEI tahun 2018-2020. Variabel bebas dalam penelitian ini kebijakan hutang profitabilitas, dan ukuran perusahaan (size) terhadap nilai perusahaan. Terdapat 15 perusahaan sub sektor kimia yang menjadi populasi kemudian peneliti melakukan teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan Eviews versi 10.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen DER, ROE, SIZE memiliki pengaruh signifikan terhadap PER. Secara parsial menunjukkan bahwa DER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PER), ROE berpengaruh secara signifikan dan negative terhadap nilai perusahaan (PER), dan SIZE tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan (PER). Kemampuan variabel independen dalam menjelaskan variabel dependen sebesar 75% sedangkan sisanya sebesar 25% dijelaskan oleh variabel independen lain diluar model.

Published
2022-09-28
How to Cite
Mirza Dwiarti, Ririn Wahyu Arida, & Kukuh Harianto. (2022). PENGARUH KEBIJAKAN HUTANG, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Kimia yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 66-78. https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i3.657