ANALISIS UPAYA DINAS KOPERASI USAHA, KECIL, MENENGAH PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN (DKUKMPP) KABUPATEN SOLOK DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.797Keywords:
Upaya, Pelatihan, Penyuluhan dan KebijakanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya Dinas Koperasi Industri Kecil, Menengah, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok dalam Mengembangkan Potensi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah data kualitatif. Penelitian kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah delapan (8) orang dan sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan upaya Dinas Koperasi, Industri Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok dalam Mengembangkan Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. pada tahun 2020-2021.
Hasil kajian menunjukkan bahwa upaya Dinas Koperasi Industri Kecil, Menengah, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok dalam mengembangkan UMKM sudah berjalan optimal. Strategi yang telah dirumuskan bahkan telah dilaksanakan seperti yang diharapkan. Namun demikian, usaha UMKM masih dihadapkan pada berbagai permasalahan yang menghambat pelaksanaan pengembangan usaha tersebut.
Hasil penelitian tahap awal menunjukkan bahwa secara keseluruhan Dinas Koperasi Industri Kecil, Menengah, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok telah merumuskan formulasi strategi untuk memberdayakan dan mengembangkan UMKM melalui pelatihan, penyuluhan, dan kebijakan. Sedangkan pada tahap partisipatif, tingkat partisipasi masyarakat terhadap program atau kegiatan yang dilakukan oleh Dinas Koperasi Industri Kecil, Menengah, dan Perdagangan (DKUKMPP) Kabupaten Solok cukup tinggi. Hal ini ditandai dengan animo dan partisipasi para pelaku UMKM besar dalam setiap pelatihan/penyuluhan yang diselenggarakan. Sedangkan fase emansipatoris menunjukkan bahwa perkembangan UMKM di Kabupaten Solok semakin berkembang.
References
Bank Indonesia, Profil Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (buku, tidak diterbitkan, 2015), h. 12-15
Dadan Sutrisno, et.all., “Perencanaan Strategis Sektor Usaha Mikro dalam Mengatasi Permasalahan Pemasaran (Studi di Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu)” (Malang: Wacana, 2016)
Dedy febry, “definisi pengembangan” http://www.academia.edu/4832768/ definisi_pengembangan, di unduh pada 6 januari 2019
Imsar, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan”, (Medan:Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN-SU, Tidak diterbitkan,2018). h. 6-7
Irfan Syauqi Beik dan Laily Dwi Arsyanti, Ekonomi Pembangunan Syariah, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2016), hal. 129
Isnaini Harahap, “analisis dampak penerapan perbankan syariah terhadap sektor UMKM di sumatera utara, (Disertasi , Program Doktor Ekonomi Syariah Pascasarjana UINSU, 2016), h.79-80
Marliyah, “Strategi pembiayaan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM): studi kasus perbankan syariah di sumatera utara”,(Disertasi, Program Doktor Ekonomi Syariah Pascasarjana UINSU, 2016), h.89
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan, 3e. Apri Nuryanto, editor. Bandung: Alfabeta,Cv.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah