ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN DARI HASIL KEUNTUNGAN OPERASI PADA PEDAGANG PASAR HALAT KOTA MEDAN

Authors

  • Al Tasya Fitrah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nadia Ulfa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Lintang Dwiyana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Zainarti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.800

Keywords:

Pengukuran Kinerja, Laba, Pedagang , Efektifitas.

Abstract

Definisi kinerja yaitu hasil kerja yang dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Pada dasarnya, konsep kinerja dapat diinterpretasikan dalam berbagai cara. Beberapa ahli melihatnya sebagai hasil dari proses menyelesaikan pekerjaan, sementara yang lain melihatnya sebagai perilaku yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kinerja juga merupakan yang digambarkan sebagai hasil pencapaian pelaksanaan suatu kegiatan dalam rangka mencapai tujuan, sasaran dan visi perusahaan yang dituangkan dalam rumusan rencana strategis perusahaan. Penilaian ini tidak lepas dari proses transformasi input menjadi output atau evaluasi selama penyusunan kebijakan/program/kegiatan yang dianggap penting dan mempengaruhi pencapaian tujuan. Tingkat Rasio ini, tinggi atau rendah biasanya mencerminkan profitabilitas penggunaan  modal. Sebagai tolak ukur pengukuran kinerja manajemen persentase laba usaha pada pedagang Sembako, pedagang Sayuran, dan Pedagang Jasa(Tukang Elektronik). Karena pada  umumnya, mereka menghitung modal mereka untuk mendapatkan keuntungan darinya dengan cara tidak efesien sehingga banyak yang melakukan kesalahan perhitungan dan membuat perhitungan hasil laba tidak balance. Sangat sulit Manajemen  pada modal yang efektif diketahui, karena laba tinggi tidak berarti modal rendah digunakan secara efektif. Penelitian ini dilakukan pada Pedagang Pasar Halat yang menjual sembako, sayuran, elektronik, di Kelurahan Kota Matsum IV, Medan Area .  Data yang digunakan  adalah profitabilitas, yaitu laba operasi, yaitu rasio penjualan bersih dikurangi harga harga pokok penjualan dan dikurangi gaji, administrasi penjualan dengan penjualan bersih.

References

Gusti Ayu Oka Netrawati, dkk, Jurnal Pengukuran Kinerja Manajemen Dari Sisi Rasio Laba Operasi Pada Pedagang Kangkung Dilingkungan Pesongoran Kel. Pagutan Barat Mataram, ISSN 1978-3787(Cetak), Vol.13 No. 12 Juli 2019
Yuli Orniati, Jurnal Laporan Keuangan Sebagai Alat Untuk Menilai Kinerja Keuangan, ISSN 0853-7283, No. 3, 2009
Erick Samapakang, Joubert B.Maramis, Jurnal Evaluasi Kinerja Rantai Pasokan Komoditi Pala Pada Desa Treman Kab Minahasa Utara, ISSN 2330-1174, Vol. 8 No. 1, 2020
Arlinda Miranti, Dyah lituhayu, Jurnal Evaluasi Program Penataan Pedagang Kaki Lima Di Kab Tegal, 2006
Chairul Furqon, Jurnal Analisis Manajemen dan Kinerja Rantai Pasokan Agribisnis Buah Stroberi di Kab Bandung, Vol. III No. 2 , 2014
Yayat Hidayat Fatahilah, dkk, Jurnal Analisis Kinerja Rantai Pasok Agribisnis Sapi Potong Studi Kasus Pada PT Kariyana Gita Utama, Jakarta, Vol. 20(3), ISSN 193-205, 2011

Downloads

Published

2022-12-22

How to Cite

Al Tasya Fitrah, Nadia Ulfa, Lintang Dwiyana, & Zainarti. (2022). ANALISIS PENGUKURAN KINERJA MANAJEMEN DARI HASIL KEUNTUNGAN OPERASI PADA PEDAGANG PASAR HALAT KOTA MEDAN. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 120–129. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.800