ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI MOBILE BANKING TERHADAP NASABAH STUDI KASUS: BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)

  • Mawar Indah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Wicaksana Dwi Prasetyo Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Keamanan sistem informasi, Mobile banking, Nasabah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem keamanan yang ada pada mobile banking. Internet banking sekarang menjadi metode transaksi yang paling nyaman dan aman. Ini adalah sesuatu yang banyak orang senang gunakan. Karena itu, sistem informasi harus dikembangkan secepat mungkin untuk mendeteksi potensi masalah. Bank sering menyediakan layanan perbankan untuk transaksi mata uang, dengan tujuan utama membuat transaksi lebih mudah bagi pelanggan. Mobile banking adalah langkah pertama dalam evolusi bank menjadi penyedia layanan keuangan (FSP). Dalam hal ini, fungsi bank lebih dari sekedar tempat menyimpan dan menarik uang. Metode yang peneliti lakukan adalah kualitatif yang dimana menggunakan data sekunder dan menggunakan studi literatur yang ada pada artikel dan jurnal. Sistem keamanan yang ada pada bank BRI sudah aman karena memiliki izin dari OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) oleh karena itu nasabah tidak perlu khawatir dalam hal ini. BRI mobile banking juga mempunyai keamanan Teknologi biometrik yang dipunyai oleh aplikasi BRImo adalah bisa login ke akun BRImo menggunakan keamanan sidik jari dan face recognition atau pengenalan wajah.

References

Pratiwi, “Penerapan Sistem Biometrik pada Nasabah Pengguna ATM (Studi kasus IKPIA
Perbanas Jakarta),” JUTISI, vol. 5, no. 2, pp. 1042–1047, 2016.
Suherman, P. Widodo, and D. Gunawan, “Efektivitas Keamanan Informasi Dalam Menghadapi Ancaman Social Engineering,” J. Prodi Peperangan Asimetris, vol. 3, no. 1, pp. 73–90, 2017.
Budi Rahardjo, "Aspek Teknologi Dan Keamanan Dalam Internet Banking",
Published
2022-12-22
How to Cite
Mawar Indah, Wicaksana Dwi Prasetyo, & Nurbaiti Nurbaiti. (2022). ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI MOBILE BANKING TERHADAP NASABAH STUDI KASUS: BANK RAKYAT INDONESIA (BRI). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 130-135. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.801