ANALISIS PENGGUNAAN SOFTWARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (STUDI KASUS : SMP IT JABAL NOOR MEDAN)

  • Windy Puspita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Silvia Anggrie Nst Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Arif Kusnedi Saragih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
  • Nurbaiti Nurbaiti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan
Keywords: Perangkat Lunak (Software), Matematika, Multimedia Interaktif.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil atau respon para siswa setelah menggunakan media pembelajaran matematika berbasis multimedia interaktif dengan menggunakan software atau perangkat lunak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dengan para siswa di SMP IT Jabal Noor Medan. Temuan atau hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum menggunakan pembelajaran multimedia interaktif pemahaman siswa terhadap materi matematika masih terbilang kurang atau lemah, dikarenakan para guru menjelaskan konsep atau materi pembelajaran dengan menggunakan metode pengajaran konvensional atau monoton. Namun setelah menggunakan multimedia interaktif pemahaman siswa terhadap pelajaran matematika menjadi meningkat. Jadi dengan memanfaatkan software dalam multimedia interaktif untuk pembelajaran matematika, dapat memberikan kemudahan bagi para guru atau pengajar dalam memberikan materi pembelajaran kepada para siswa. Sehingga dengan begitu dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang diajarkan, karena sistem pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan berbagai media yang sudah tersedia di komputer. Hal ini akan meningkatkan minat siswa terhadap mata pelajaran matematika dan meningkatkan motivasi mereka untuk mempelajarinya. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa setelah penggunaan multimedia interaktif yang memanfaatkan software di dalam pembelajaran matematika tersebut, motivasi belajar atau semangat belajar siswa serta kemampuan mereka dalam belajar matematika dapat meningkat dengan baik.           

References

Ekawati, Aminah. (2016). Penggunaan Software GeoGebra Dan Microsoft Mathematic Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 3.
Pardjono, Slamet Riyadi. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer Untuk Kelas VIII SMP. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. Volume 1 - Nomor 2.
Alexander, A. Jessi., & Jalinus. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Komputer Pada Topik Bilangan Bulat Untuk Siswa SD Pendidikan Matematika FKIP UNRI. Jurnal Tunjuk Ajar, Volume 1, Nomor 1.
Jailani, Bardi. (2015). Pengembangan Multimedia Berbasis Komputer Untuk Pembelajaran Matematika Bagi Siswa SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan Volume 2 , No 1. (49-63).
Utami, S. Putri., Ismail. Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura J. Math. Educ. Vol. 1, No. 2, pp. 59-74.
Farhan, W. P. Evan., & Umbara, U. (2021). Implementasi Pembelajaran Berbasis Multimedia Terhadap Kemampuan Representasi Matematika. Supremum Journal of Mathematics Education. Vol.5, No.1, pp. 1-10.
Ika, M. P. Rianti., & Warta, I Wayan. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Edutech Undiksha. Volume 8, Number 1, pp. 85-94.
Susanti, Yuliana. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains. Volume 2, Nomor 3, 435-448.
Published
2022-12-22
How to Cite
Windy Puspita, Silvia Anggrie Nst, Arif Kusnedi Saragih, & Nurbaiti Nurbaiti. (2022). ANALISIS PENGGUNAAN SOFTWARE PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF (STUDI KASUS : SMP IT JABAL NOOR MEDAN). Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 136-146. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.802