Pendekatan Lean Startup Pada Desain Produk Dan Teknik Minimum Viable Product Dalam Menyikapi Skeptisisme Pada Iklim Bisnis

  • Anggi Aditiya Ningsih Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rizky Suhanry Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Yuli Novia Munthe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Purnama Ramadani Sialalahi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
Keywords: Lean Startup, Desain Produk, Minimum Viable Product, Value Proposition

Abstract

Banyaknya perusahaan startup yang dirintis mengakibatkan timbulnya ketidakpastian dalam iklim bisnis, Acuan bagi perusahaan yang mampu bertahan dan dianggap sukses dalam menghadapi iklim bisnis yang tidak pasti ialah perusahaan yang mampu memberikan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk Mempertimbangkan pendekatan Lean Startup dan bagaimana hal dapat diterapkan pada penciptaan produk. Prosedur validasi dalam setiap proses pengembangan produk tentunya akan meningkatkan kemungkinan barang yang sesuai dengan preferensi konsumen dan juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan dari desain produk hingga pengiriman ke pasar, oleh karena itu pendekatan Lean Startup sangat ideal. Teknik Minimum Viable Product adalah salah satu metode potensial yang digunakan untuk mendukung sistem operasional ramping. Ini dilakukan untuk mendukung ide Lean di semua operasi (MVP).

References

Afdi Zihramna, Bambang Purwanggono. 2018. Perancangan Strategi Berbasis Metodologi Lean Startup Untuk Mendorong Pertumbuhan Perusahaan Rintisan Berbasis Teknologi Di Indonesia. Indsutri Engineering Online Journal. Vol. 6 No. 4. Hal. 1-13.
Babych Maksym. A Review Of The Minimum Viable Product. https://www.forbes.com/sites/theyec/2021/12/08/a-review-of-the-minimum-viable-product-approach/?sh=bd9339b2e207(diakses pada Minggu 18 Desember. Pukul 16:39 WIB).
Blank, Steve & Bob Dorf. 2012. The Startup Owner’s Manual. California : K&S Ranch, Inc.
Chen, J, 2015. The Role of Reward System in Product Innovations : an Examination of New Product Development Projects, Project Management Journal, Vol. 46, No. 3.
Colis, D. Lean Strategy. (Harvard Business Review: 2016).
Felin Teppo, dkk. 2020. Lean Startup and the Business Model: Experimenting for Novelty and Impact. Journal Long Range Planning by Elsevier. Vol. 53. Issue. 4. Hal. 101953.
Kumbara Vicky Brama. 2021. Determinasi Nilai Pelanggan Dan Keputusan Pembelian: Analisis Kualitas Produk, Desain Produk Dan Endorse. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan. Vol. 2. Issue 5.
Lestari dan Hidayat. Analisis Persepsi Pengusahaan terhadap Iklim Usaha Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Studi Pembangunan. Vol. 2. No. 3. 2014. Hal. 146-158.
Nastiti Putri. 2019. Analisis Strategi Bisnis dan SI/TI Pada Perusahaan Rintisan Berbasis Teknologi. JUTEI. Vol. 3. No. 1.
Ries, Eric. 2011. The Lean Startup: How Today’s Entrepreneurs Use Continuous Innovation to Create Radically Successful Businesses. The New York Times Bestseller.
Rismawati. 2022. Analisis Resiko Usaha Dengan Lean Startup Masa Pandemi Covid-19 Pada Akun Medsos Maximallfootwear. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 9. No. 2.
Tannia Putu Vivin, Ni Nyoman Yulianthi. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Merk PCX. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3. No. 2.
Ulrich, K & Eppinger D, 2012. Product Design and Development, McGraw Hil.
Published
2023-01-03
How to Cite
Anggi Aditiya Ningsih, Rizky Suhanry Rambe, Yuli Novia Munthe, & Purnama Ramadani Sialalahi. (2023). Pendekatan Lean Startup Pada Desain Produk Dan Teknik Minimum Viable Product Dalam Menyikapi Skeptisisme Pada Iklim Bisnis. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(1), 183-198. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.867