RANCANG BANGUN APLIKASI AURELBOOK (AUGMENTED REALITY BOOK)

Authors

  • Teguh Tamrin Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara
  • Aprilia Riyana Putri Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara
  • Muhammad Alie Muzakki Universitas Islam Nahdhatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupti.v1i2.413

Keywords:

Augmented Reality, Unity, Marker Based, Media Pembelajaran

Abstract

Seluruh madrasah di Indonesia melakukan aktivitas pembelajaran secara online, tidak terkecuali di MI Mathalibul Huda Mlonggo. Selama ini pembelajaran hanya dilakukan dengan mentransfer teks, gambar, video. Sehingga kurang interaktif dalam proses pembelajaran. Augmented Reality merupakan teknologi penggabungan antara dunia virtual dengan dunia nyata. Ini menjadikan pengalaman baru yang interaktif dan dapat dimanfaatkan pada pembelajaran. AR dapat digunakan untuk memodelkan proses siklus air secara 3D. User hanya butuh menginstal aplikasi pada smartphone dan scanning QR Code yang telah ditentukan. Setelah terdeteksi QR Code yang digunakan akan menampilkan objek 3D dan informasi yang dicantumkan.Hasil dari penelitian AR ini dapat menampilkan siklus daur hidup air secara 3D dan realtime.  

Kata Kunci: Augmented Reality, Unity, Marker Based, Media Pembelajaran

Downloads

Published

2022-06-24

How to Cite

Tamrin, T., Riyana Putri, A. ., & Muzakki, M. A. (2022). RANCANG BANGUN APLIKASI AURELBOOK (AUGMENTED REALITY BOOK). Jurnal Publikasi Teknik Informatika, 1(2), 70–80. https://doi.org/10.55606/jupti.v1i2.413