PENGARUH KUALITAS PELAYAAN DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN UMUM RAWAT INAP DI RSKIA PKU MUHAMMADIYAH KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA

  • Hening Nakuloadi STIE YKP
  • Sarintan Abdul Kadir STIE YKP

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayaan dan Fasilitas dan secara parsial dan simultan terhadap Kepuasan Pasien Umum Rawat Inap di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Kota Yogyakarta.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini tidak menentukan sampel. Sumber data dengan mengguankan kuesioner. Karena seluruh populasi sebanyak 80 orang dalam penelitian ini dijadikan sampel. Dengan pengumpulan data melalui kuisioner. Metode analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji hipotesis t dan F serta koefisien determinasi (R Square).

Hasil pengujian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien umum rawat inap, hal tersebut dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu nilai signifikansi sebesar 0,239 > 0,05, artinya H1 ditolak. Sedangkan fasilitas berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien umum rawat inap, hal tersebut dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu nilai signifikan 0,002 < 0,05, artinya H2 diterima. Kemudian berdasarkan uji F menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan fasilitas berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pasien umum rawat inap di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede Kota Yogyakarta, hal tersebut dibuktikan dengan nilai yang diperoleh yaitu nilai signifikan 0,000 < 0,05, artinya H3 diterima. Sedaqngkan hasil uji koefisien determinasi dapat dijelaskan bahwa variabel Y (Kepuasan Pasien) sebesar 46,5% ditentukan oleh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas sedangkan 53,6% di tentukan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Diterbitkan
2022-05-30