PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP MANAJEMEN LABA

  • Ratih Kartika UIN STS Jambi
  • A.A. Miftah UIN STS Jambi
  • Khairiyani Khairiyani
Keywords: Good Corporate Governance, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Komite Audit, Financial Distress, Manajemen Laba.

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Good Corporate Governance dan Financial Distress terhadap manajemen laba pada perusahaan yang masuk kedalam JII tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara simultan Good Corporate Governance dan Financial Distress berpengaruh terhadap manajemen laba. Secara parsial, menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial dan financial distress berpengaruh terhadap manajemen laba. Sementara hasil kepemilikan institusional dan komite audit tidak memiliki pengaruh terhadap manajemen laba.

Published
2022-10-26
How to Cite
Ratih Kartika, A.A. Miftah, & Khairiyani. (2022). PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN FINANCIAL DISTRESS TERHADAP MANAJEMEN LABA . Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(2), 10-19. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.710