USAHA KULINER KREATIF PROSPEK DARI STRATEGI PEMASARA SYARIAH PASCA PANDEMI COVID-19 KOTA JAMBI

Authors

  • Ana Catur Wulandari UIN STS Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.723

Keywords:

UMKM Kuliner Kreatif, Covid-19, Strategi Pemasaran Syariah

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apa saja dampak dari wabah Covid-19 yang dirasakan terhadap pelaku usaha UMKM Kuliner Kreatif d, kendala yang dihadapi para pelaku usaha UMKM Kuliner Kreatif, untuk mengetahui Kondisi usaha pada masa pasca pandemi Covid-19 dan pasca pandemi, serta bagaimana bentuk strategi pemasaran yang dilakukan terhadap pelaku usaha demi mempertahankan usahanya pada masa pandemi Covid-19 dan pada masa Pasca Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini merupakan penelitian (Field Reserch) penelitian lapangan pendekatan yang digunakan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan melakukan Observasi, wawancara, dokumentasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pandemi Covid-19 sangatlah berdampak terhadap UMKM. Dimana dampak yang dialami diantaranya : (1) Kondisi usaha pada masa pandemi menurun dan pada masa pasca pandemi masih masa-masa pemulihan terhadap usaha, (2) Kendala dalam menerapkan strategi pemasaran, (3) Menurunnya tingkat daya beli masyarakat karena berkurangnya aktivitas masyarakat diluar rumah. (4) Menurunya omset penjualan, Ada beberapa upaya pelaku usaha untuk meningkatkan pendapatan saat pandemi dan pasca pandemi , pada masa pandemi ini dengan memanfaatkan teknologi serta pemberian promo diskon terhadap penjualan melalui aplikasi, memberikan pelayanan yang baik dan tetap menerapkan kebersihan dengan selalu mematuhi protokol Kesehatan, serta memperhatikan kualitas barang yang akan di jual ke pada konsumen, tanpa mengurangi rasa dan kecurangan dalam memproduksi suatu produk. Dan pasca pandemi para pengusaha UMKM Kuliner Kreatif tetap sama pada masa sebelumnya selalu mempertahankan strategi pemasaran yang ada, demi bertahan dan terus berupaya menarik konsumen untuk meningkatkan daya beli konsumen, yang tujuanya terhadap prospek usaha yang sedang dijalankan.

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Ana Catur Wulandari. (2022). USAHA KULINER KREATIF PROSPEK DARI STRATEGI PEMASARA SYARIAH PASCA PANDEMI COVID-19 KOTA JAMBI. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(2), 77–90. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.723