PENGARUH PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MEMILIH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA KOPERASI BMT BINA INSAN SEJAHTERA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.724Keywords:
Produk, Promosi, Keputusan Nasabah, BMT, Baitul Maal wat Tamwil, pembiayaan murabahah.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variable Produk, Promosi, dan Keputusan Nasabah pada Koperasi BMT Bina Inasan Sejahtera Kota Jambi.Penelitian ini menggunakan pendekatan metode Kuantitatif. Populasi yang menjadi analisis sebanyak 50 orang responden nasabah yang berada di kota Jambi. Pengumpulan data dengan menyebarkan angket pertanyaan kuesioner kepada nasabah Koperasi BMT Bina Insan Sejahtera Kota Jambi. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer.Pengukuran dengan skala Likert.Analisis data penelitian dengan menggunakan regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22.Hasil uji-t menunjukan bahwa produk dan promosi berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan nasabah. Model analisis regresi linier berganda diperoleh dengan hasil uji-F menunjukan bahwa produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dengan nilai R2 Untuk model ini sebesar 61% .Hasil penelitian ini adalah bahwa Produk dan Promosi berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Koperasi BMT Bina Insan Sejahterah Kota Jambi.