MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KUE KIPANG TIGA SAUDARA

Study Kasus Desa Penegah Kecamatan Pelawan kabupaten Sarolangun

  • Endang Fitriana Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Business Development Strategy, Kipang Three Brorthers, SWOT Analysis

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis SWOT yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan Usaha Kue Kipang Tiga Saudara untuk meningkatkan omset penjualan dengan terlebih dahulu menganalisis atau mengetahui bagaimana keadaan perusahaan. Penelitian ini selain diteliti dengan pendekatan deskriptif kualitatif juga menggunakan metode analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Analisis SWOT adalah suatu cara untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis dalam rangka merumuskan strategi perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah dengan observasi langsung yang dilakukan pada Usaha Kue Kipang Tiga Saudara dan melakukan wawancara dengan owner/pemilik Usaha Kue Kipang Tiga Saudara kemudian juga dengan menambahkan dari buku-buku bacaan dan juga sumber lain yang berhubungan dengan judul penelitian. Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan dan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja kekuatan, kelemaan, peluang serta ancaman dari strategi pengembangan usaha yang dilakukan oleh pengusaha Kipang Tiga Saudara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 7p yaitu product, price, place, promotion, people, physical evidence dan  process strategi pemasaran yang ada. Namun yang digunakan pada Usaha Kipang Tiga Saudara hanya 4p yaitu product, price, promotion dan pople yang di jalankan. Adapun strategi pengembangan usaha yang digunakan adalah Product Kipang  dibuat dengan beras ketan  yang berkualitas dijual dengan Price  murah dan terjangkau,  selalu meningkatkan Promotion  penjualan baik secara offline dan online, dan people yang memberikan pelayanan terbaik.

Published
2022-11-17
How to Cite
Endang Fitriana. (2022). MANAJEMEN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KUE KIPANG TIGA SAUDARA . Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 2(2), 127-134. https://doi.org/10.55606/jupumi.v2i2.736