Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Rekam Medis Elektronik Di Rumah Sakit

  • Yunlia Vidiarti Universitas Sangga Buana YPKP
  • Dety Mulyanti Universitas Sangga Buana YPKP
Keywords: Manajeme Mutu, Rekam Medis, Strategi

Abstract

Peningkatan mutu merupakan faktor yang sangat penting dalam bidang pelayanan rumah sakit, dengan tingkat pelayanan yang baik maka akan meningkatkan kualitas pelayanan. Mutu pelayanan kesehatan sebagai derajat atau tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan standar pelayanan yang berlaku. Salah satunya pelayanan rekam medis. Tujuan dari tinjauan teoritis ini untuk mengetahui strategi manajemen peningkatan mutu rekam medis di rumah sakit.  Metode yang digunakan adalah tinjauan teoritis dengan menganalisis dan membandingkan teori yang telah ada. Hasil tinjauan teoritis ini yaitu strategi manajemen yang perlu dilakukan yaitu dengan dimensi pelayanan kesehatan yang mencakup reliability, responsiviness, assurance, empaty, dan tangibles. Rekam medik sebagai suatu keterangan baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas, anamnesa, penentuan fisik laboratorium, diagnosis segala pelayanan dan tindakan medik yang diberikan kepada pasien, dan pengobatan baik yang di rawat inap, rawat jalan maupun gawat darurat.

References

Bensefia A, Zarrad A. A Proposed Layered Architecture to Maintain Privacy Issues in Electronic Medical Records. E-Health Telecommun Syst Netw. 2014;03(04):43–9.
Christasani, PD & Satibi. (2016). Kajian Faktor Demografi Terhadap Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jurnal Farmasi Sains dan Komunitas, 13 (1)
Erlirianto, L. M., Ali, A. H. N., & Herdiyanti, A. (2015). The Implementation of the Human, Organization, and Technology-Fit (HOT-Fit) Framework to Evaluate the Electronic Medical Record (EMR) System in a Hospital. Procedia Computer Science, 72, 580–587.
Ghanbari Z, Changizi N, Mazhari SR, Eftekhar T. Implementing of Electronic Medical Record in Pelvic Floor Ward: A Pilot Study. Open J Obstet Gynecol. 2015;05(06):319–23.
Machmud, R. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat II (2)
Monalizabeth, L., Holil, A. N., & Herdiyanti, A. (2015). Implementasi Kerangka Kerja Evaluasi Human , Sistem Informasi Rekam Medis Elektronik (RME) di Rumah Sakit Kristen Mojowarno, Jombang. 1–6.
Muh Amin, Winny Setyonugroho, Nur Hidayah. 2021. Implementasi Rekam Medik Elektronik: Sebuah Studi Kualitatif. JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) 8 (1), 430-442, 2021
Pohan, Imbalo. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta : EGC
Tjioptono, Fandi & Gregorius. (2016). Service Quality & Satisfaction. Edisi 4.Andi. Yogyakarta
Published
2023-04-09
How to Cite
Yunlia Vidiarti, & Dety Mulyanti. (2023). Strategi Manajemen Peningkatan Mutu Rekam Medis Elektronik Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 2(2), 101-107. https://doi.org/10.55606/klinik.v2i2.1269