Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Dan Kualitas Pelayanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama)

  • Wisnu Rayhan Adhitya Universitas Potensi Utama
  • Aryza Fauziah Universitas Potensi Utama
Keywords: Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Kualitas Layanan Pelanggan dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kemudahan Transaksi terhadap Keputusan Pembelian di dishopee pada mahasiswa Manajemen di Universitas Utama Potensial. (2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh keamanan transaksi terhadap keputusan pembelian dishopee mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama. (3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Customer Service Quality terhadap Keputusan Pembelian di Shopee pada Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket atau angket yang dibagikan kepada mahasiswa Manajemen di Universitas Potensi Utama. Analisis data menggunakan uji regresi linier berganda atau statistik deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 For windows. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa kemudahan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai Asymp. Sig. (2-ekor) dari 0,000. Keamanan transaksi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,003 maka kualitas pelayanan pelanggan tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai Asymp. Sig. (2-ekor) sebesar 0,688.

References

Adhitya, W. R. (2019). “Fenomena Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional) Melalui Harga, Produk, Kemudahan Dan Keamanan Bertransaksi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Secara Online Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderating Di Komplek Johor Indah Permai Ii Medan”. Jmb (Jurnal Manajemen Dan Bisnis), 1(1).
[2] Sartika, Fadilla (2021). “Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan dan Keamanan Transaksi dalam Keputusan Pembelian secara online di Shopee (Studi kasus pada Mahasiswa jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Potensi Utama Medan”. Skripsi, Universitas Potensi Utama Medan.
[3] Trianti, Lisa (2021). “Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi dan Kepercyaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian online di shopee pada Mahasiswa Universitas Potensi Utama Medan”. Skripsi, Universitas Potensi Utama Medan.
[4] Https://Databoks.Katadata.Co.Id/Datapublish/2022/03/23/Ada-2047-Juta-Pengguna-Internet-Di-Indonesia-Awal-2022 (Diakses Pada 8 April 2022)
[5] Https://Dataindonesia.Id/Digital/Detail/Ini-8-Ecommerce-Dengan-Pengunjung-Terbanyak-Per-Kuartal-Iv2021 (Diakses Pada 8 April 2022)
[6] Https://Mediakonsumen.Com/2020/06/18/Surat-Pembaca/Shopee-Lambat-Dalam-Pengembalian-Dana-Transaksi-Pembelian-Yang-Dibatalkan (Diakses Pada 10 April 2022)
[7] Https://Mediakonsumen.Com/2021/06/16/Surat-Pembaca/Shopee-Spaylater-Dibobol-Hacker-Tanpa-Permintaan-Otp (Diakses Pada 10 April 2022)
[8] Https://Mediakonsumen.Com/2022/03/21/Surat-Pembaca/Kecewa-Terhadap-Pelayanan-Kurir-Dan-Customer-Service-Shopee (Diakses Pada 25 Maret 2022
How to Cite
Wisnu Rayhan Adhitya, & Aryza Fauziah. (1). Pengaruh Kemudahan Transaksi, Keamanan Transaksi, Dan Kualitas Pelayanan Pelanggan Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Potensi Utama). Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 178-189. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i1.1031