Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bintang Reality Multiland

  • Indah Sundari Universitas Potensi Utama
  • Yahya Tanjung Universitas Potensi Utama
Keywords: Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Abstract

Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara kinerja (hasil) produk yang diperkirakan terhadap kinerja (atau hasil) yang diharapakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui apakah pengaruh harga berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bintang Reality Multiland. Untuk mengetahui pengaruh promosi berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bintang Reality Multiland. Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan konsumen. Untuk mengetahui apakah harga, promosi, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. Bintang Reality Multiland. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda atau statistik deskriptif. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 25 For Windows. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa secara parsial harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,359. Secara parsial promosi berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Secara parsial kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,320. Harga, promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dengan Asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,000.

References

1] Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh harga, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dimediasi kepuasan pelanggan pada konsumen gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
[2] Djakaria, R. Y. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Suasana Toko Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Asia Fashion. Skripsi, Universitas Sanata Dharma.
[3] Febrilia, I. (2019). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan citra merek terhadap kepuasan konsumen pengguna transportasi ojek online grab. JRMSI-Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(1), 204-225.
[4] Gery, M. H. (2018). Pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan promosi terhadap kepuasan konsumen the aliga hotel padang. Menara ilmu, 12(9).
[5] Juniantara, I. M. A., & Sukawati, T. G. R. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(11), 5955.
[6] Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339.
[7] Mardiyah, N. K. (2022). Pengaruh Harga, Promosi, Citra Merek, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Klinik Kecantikan Naavagreen Di Yogyakarta. Naskah Publikasi Program Studi Akuntansi.
[8] Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2018). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16-23.
[9] Rufliansah, F. F., & Seno, A. H. D. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen (Studi pada Konsumen Rainbow Creative Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(4), 389-401.
[10] Saputra, A. O., & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Bengkel Ahass 0002 Astra Motor Siliwangi Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(1), 138-145.
[11] Sulistyadi, S. A., & Oetomo, H. W. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan, Harga dan Aksesibilitas Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 5(3).
[12] Susiladewi, S. (2020). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Di Café Kupi Datu Banjarbaru. Al-KALAM: JURNAL KOMUNIKASI, BISNIS DAN MANAJEMEN, 7(2), 45-64.
[13] Tegowati, T., & Mutmainnah, D. (2022). ANALISIS KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM PEMBELIAN SMARTPHONE BERDASARKAN KUALITAS PRODUK, PROMOSI DAN DESAIN PRODUK. Eqien-Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 9(1), 219-226.
Website :
[14] Ulasan www.google PT. Bintang Realty Multyland.Com (di akses tanggal 20 juni 2022)
[15] Ulasan www instagram. PT. Bintang Realty Multyland.Com (di akses tanggal 22 juni 2022)
[16] Ulasan www facebook. PT. Bintang Realty Multyland.Com (di akses tanggal 25 juni 2022 )
https://bintangrunah.com/ ( diakses tanggal 29 juni 2022 )
Published
2023-01-25
How to Cite
Indah Sundari, & Yahya Tanjung. (2023). Pengaruh Harga Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT Bintang Reality Multiland. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 190-200. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i1.1033