Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Green Aluminium

  • M. Taufik Trimanda Universitas Potensi Utama
  • Nahar Maganda Saragih Universitas Potensi Utama
Keywords: Pelatihan Kerja, Motivasi, Kinerja Karyawan.

Abstract

Dalam melakukan kegiatan di lapangan oleh karyawan PT. Aluminium Hijau, ketidaksesuaian pekerjaan sering terjadi. Kesenjangan ini dapat berupa keterlambatan waktu dalam bekerja karena masih adanya pegawai yang belum maksimal dalam bekerja. Maka dengan demikian perusahaan harus melakukan pengawasan terhadap seluruh karyawan agar kinerja dapat maksimal dan sesuai dengan target sebelumnya. Jumlah sampel yang diambil dari PT. Green Aluminium sebanyak 50 orang, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Model yang digunakan adalah Regresi Linear Berganda dan diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan kerja berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan pada PT. Aluminium Hijau. Namun hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa motivasi tidak berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kinerja karyawan PT. Aluminium Hijau. Sedangkan berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelatihan kerja dan motivasi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Dan dapat diketahui bahwa Adjusted R Square sebesar 0,761 yang dapat disebut dengan koefisien determinasi yang dalam hal ini berarti 76,1% kinerja karyawan dapat diperoleh dan dijelaskan oleh pelatihan kerja dan motivasi. Sedangkan sisanya 100% - 76,1% = 23,9% dijelaskan oleh faktor atau variabel lain di luar model, seperti disiplin kerja, insentif, lingkungan kerja dan lain-lain.

References

] Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
[2] Majid, A., Hakim, A. L., & Assadam, E. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Moderasi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 5(1), 9-16.
[3] Rahmawani, R., & Syahrial, H. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Terbatas Sinarmas Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (Jimbi), 2(1), 27-40.
[4] Chandra, E., Rosmika, E., Efendi, E., Kafidzin, R., Fitrianna, N., Lie, D., ... & Purba, B. (2021). Pengantar Manajemen Sumber Daya Manusia. Yayasan Kita Menulis.
[5] Fauzi, F., Dencik, Abdul Basyith., Asiati, Diah Isnaini. 2019.” Metodologi Penelitian Untuk Manajemen Dan Akuntansi.” Salemba Empat
[6] Kurniati, D., Murniawaty, I., & Farliana, N. (2021). Determinasi Sumber Daya Manusia, Modal Usaha dan Pemasaran Terhadap Perkembangan UMKM Tas. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(1), 77-89.
[7] Kusumaningtyas, E., Subagyo, E., Adinugroho, W. C., Jacob, J., Berry, Y., Nuraini, A., & Syah, S. (2022). Konsep dan Praktik Ekonometrika Menggunakan Eview (Vol. 1). Academia Publication.
[8] Syarief, F., Kurniawan, A., Widodo, Z. D., Nugroho, H., Rimayanti, R., Siregar, E., ... & Salmia, S. (2022). Manajemen sumber daya manusia.
[9] Hosnawati ( 2022). Pengaruh Motivasi kerja dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan dengan etos kerja sebagai variabel Moderasi. Universitas Negeri Yogyakarta.
[11] Natalia Susanto (2019) Program Manajemen Bisnis, Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra.
[12] Olivia Theodora 2015, Pengaruh Motivasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sejahtera Motor Gemilang Surabaya, Vol.3 No.2 (2015) Dari hasil Penelitian terdahulu.
[13] Octavianus, Wungow Raymond., Adolfina. (2018). Pengaruh Pengalaman Kerja Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Telkom Indonesia Cabang Manado. Jurnal EMBA. Vol.6 No.3. Hal. 1758 – 1767.
[14] Ratulangi, Soegoto (2021). Pengaruh Pengalaman Kerja, Kompetensi, Motivasi, terhadap Kinerja Karyawan (Studi pada PT. Hasjrat abadi Tendean Monado). Jurnal Embah, 4(4), 322-334
Published
2023-01-26
How to Cite
M. Taufik Trimanda, & Nahar Maganda Saragih. (2023). Pengaruh Pelatihan Kerja Dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Pada PT. Green Aluminium. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 212-221. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i1.1040