PENGARUH DIGITAL ACCOUNTING TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA MASJID DI KECAMATAN SUKOLILO

  • Viona Eka Putri Mardiono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Nelya Arofatin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yaohan Ad’nnia Jannah3 Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maria Yovita R. Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Keywords: Akuntansi Digital, Laporan Keuangan, Masjid

Abstract

Akuntansi memiliki kemampuan membantu suatu entitas atau lembaga dalam memperoleh data yang dibutuhkan oleh entitas dan lembaga, data tersebut terdapat dalam satuan uang. Studi ini bertujuan guna mengetahui efek digital accounting atas laporan keuangan masjid kecamatan Sukolilo. Dalam penelitian ini, metode analisis regresi linear dikombinasikan dengan metodologi penelitian kuantitatif. Kami mengunakan data primer atas survei pada 3 masjid dan 31 responden yang terdiri dari pengurus masjid dan jama’ah masjid di kawasan Sukolilo, Surabaya. Studi ini menemukan bahwa pelaporan keuangan masjid secara signifikan dan memiliki dampak positif yang dapat ditingkatkan dengan penerapan akuntansi digital.Hasil dari analisis yang kami dapatkan menunjukkan bahwa penggunaan akuntansi digital paling dipengaruhi oleh kemudahan penggunaan sistem dan ketersediaan sumber daya manusia yang terampil. Penggunaan akuntansi digital juga dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi pengolahan data keuangan masjid. Disamping itu, dengan adanya digital accounting berguna untuk membantu mempermudah jalannya proses pencatatan dalam pelaporan keuangan. Hal ini, bertujuan demi menghasilkan laporan keuangan yang dapat diandalkan dan transparan.Kesimpulan dari penelitian yang telah kami analisa mengenai topik digital accounting, dengan judul “Pengaruh Digital Accounting Terhadap Laporan Keuangan Masjid Kecamatan Sukolilo” yakni, dapat membantu masjid meningkatkan kualitas laporan keuangan dan manajemen keuangan secara keseluruhan. Oleh karena itu, penggunaan akuntansi digital harus menjadi prioritas masjid-masjid di kawasan Sukolilo, dan diharapkan dapat diterapkan di masjid-masjid lainnya.

 

References

(IAI), I. A. (2004). Dalam I. A. Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Saalemba empat.
(IAI), I. A. (2009). Laporan Arus Kas, Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan 2.
Asmin, A. E., N., N., Rizqi, M. N., Nasihin, I., Setiawati, & dkk. (2021). Manajemen Keuangan (Tijauan Teori dan Penerapannya). Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Astawinetu, E. D., & Handini, S. (2020). MANAJEMEN KEUANAGN TEORI DAN PRAKTEK . Jakarta: Scopindo Media Pustaka.
Badudu, Z. S. (2001). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Ety, R., R. T., & Abdul. (2009). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Gullkvist, B. (2011). DRIVERS OF DIFFUSION OF DIGITAL. Contributions to Accounting, Auditing and Internal Control, 25.
Heny, T. K., E. S., & Bactiar. (2015). Metodologi Penelitan Bisnis. Medan: Perdana Publishing.
Hidayat, A. (2016). Pengertian Uji Heteroskedastisitas. Dipetik April 19, 2023, dari https://www.statistikian.com/2013/01/ uji-heteroskedastisitas.html
Irfan, A. S. (2020). MANAJEMEN KEUANGAN DAN BISNIS;Teori dan Praktik. Jakarta: Gramedi Pustaka Utama.
Irham, F. (2016). Teori dan Teknik Pengambilan Keputusan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Iryna Spilnyk, R. B. (2022). Dalam R. B. Iryna Spilnyk, Digital accounting: innovative technologies cause a new paradigm. Independent Journal of Management & Production.
Marpaung, Y. M. (2012). Pengaruh Pajanan Debu Respirable PM2,5 Terhadap Kejaddian Gangguan Fungsi Paru Pedagang Tetap di Terminal Terpadu Kota Depok, 174.
Miftahurrohman, F. S. (2020). DIGITALISASI AKUNTANSI PENGELOLAAN KEUANGAN DENGAN METODE ACCRUAL BASIS PADA KLINIK AS SHIFA KENDAL, 16.
Munawir. (2007). Dalam Munawir, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Keempat. Yogyakarta: Liberty.
Pralebda, G. (2013). Pengelolaan Dana Masjid yang Amanah.
Rosyadi, I. A. (2021, Agustus 13). Masjid dalam Fungsi, Arti dan Tonggak Sejarahnya.
Simamora, H. (2002). Dalam H. Simamora, Akuntansi Manajemen, edisi kedua. Jakarta: Salemba empat.
Surahmad. (2012). PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP PEMBIASAAN PELAKSANAAN SHALAT LIMA WAKTU BAGI ANAK-ANAK DI DESA ASAKI KECAMATAN LAMBUYA KABUPATEN KONAWE.
Yani, A. (2007). Dalam A. Yani, Panduan Pengelola Masjid. Jakarta: Pustaka Intermasa.
Published
2023-06-21
How to Cite
Viona Eka Putri Mardiono, Nelya Arofatin, Yaohan Ad’nnia Jannah3, & Maria Yovita R. Pandin. (2023). PENGARUH DIGITAL ACCOUNTING TERHADAP LAPORAN KEUANGAN PADA MASJID DI KECAMATAN SUKOLILO. Manajemen Kreatif Jurnal, 1(3), 236-253. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i3.1676