Penerapan Digital Accounting Dalam Membangun Keunggulan Bersaing Pada UKM Kec. Benowo Surabaya

  • Roy Hanafi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hazzar Al Oktha Rahmatika Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Salsabila Aprilia Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maria Yovita R Pandin Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif adalah untuk mengetahui penerapan digitalisasi akuntansi pada akuntansi UKM di Kecamatan Benowo Kota Surabaya, dan memahami pentingnya digitalisasi pada UKM. Karena  pemahaman dan penerapan digitalisasi akuntansi memudahkan UKM untuk mencatat atau menyajikan laporan keuangan dan menciptakan keunggulan kompetitif bagi UKM. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah UKM yang ada di Kecamatan Benowo Kota Surabaya, dan pengambilan sampel dilakukan dengan kuesioner sebanyak 10 UKM. Hasil survei menunjukkan bahwa masih ada beberapa UKM yang belum menerapkan sistem  akuntansi digital. karena kurangnya pemahaman terhadap informasi yang diterima untuk mengimplementasikan sistem. Namun, beberapa UKM telah berhasil menerapkan sistem digitalisasi akuntansi ini.

 

Referensi

Aryanto, N. H. (2023). Faktor Teknologi, Organisasi, dan Lingkungan pada Penerapan Akuntansi Digital serta Dampaknya Terhadap Kinerja UMKM. Owner: Riset & Jurnal Akuntansi, 632-643.
Bambang Surahman, E. K. (2023). PELATIHAN AKUTANSI SISTEM PEMBUKUAN DIGITAL DALAM PENERAPAN SIKLUS AKUTANSI PADA UMKM DI DESA GELELUNGI KABUPATEN ACEH TENGAH. Pengabdian Kepada Masyarakat, 5875-5884.
Eka Yulianti, A. A. (2002). Penerapan Sistem Keuangan Berbasis Digital pada UMKM di Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat. DINAMISA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 136-146.
Farida, I. (2022). Faktor Penentu Penerapan Akuntansi Digital Pada UMKM : Itervensi Pemerintah Sebagai Variabel Pemoderasi. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 305-317.
Rahmi Meutia, M. R. (2021). PENINGKATAN KUALITAS PEMBUKUAN DIGITAL DENGAN APLIKASI BUKU KAS DI GAMPONG SUKAJADI KEBUN IRENG KECAMATAN LANGSA LAMA KOTA LANGSA. Global Science Society : Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 161-169.
Diterbitkan
2023-06-21