Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Soromandi

  • Agamawansyah Agamawansyah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Muhammad Yusuf Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima

Abstrak

This research aims to determine the influence of organizational culture and leadership style on the performance of 1 Soromandi High School teachers. Data collection techniques use observation, questionnaires and literature study. The sample in this study was 34 ASN and P3K teacher respondents with the sampling technique being purposive sampling. The data analysis technique uses multiple linear regression analysis. The research results show that both partially and simultaneously organizational culture and leadership style have a significant influence on the performance of teachers at SMAN 1 Soromandi.

Referensi

Aziizah, D. R., Wirawan, W., & Thalib, S. (2018). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variable Intervening. Jurnal Ilmiah Ekbank, 1(2).
Daulay, A., & Kalsum, E. U. (2021). Pengaruh Budaya Organisasi Dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru Swasta di Medan. Economics, Business and Management Science Journal, 1(2), 68-75.
Farwitawati, R., Fithrie, S., & Masirun, M. (2022). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Daya Saing, 8(3), 332-339.
Gulo, S., Nadeak, B., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di Smp Se-Nias Barat. Jurnal Dinamika Pendidikan, 14(1), 01-12.
Handayani, T., & Rasyid, A. A. (2015). Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi guru, dan budaya organisasi terhadap kinerja guru SMA negeri Wonosobo. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 3(2), 264-277.
Maryani, A., Lian, B., & Wardarita, R. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi Sekolah terhadap Kinerja Guru. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(1), 18-25.
Nurlaili, N., Apridar, A., & Aiyub, A. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi dan Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Guru dengan Lingkungan Kerja dan Kepuasan Kerja Sebagai Varibel Intervening pada Guru SMA di Kecamatan Dewantraa Kabupaten Aceh Utara. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 4(1), 119-133.
Purwanto, A., Asbari, M., Pramono, R., Senjaya, P., Hadi, A. H., & Andriyani, Y. (2020). Pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar dengan Keterlibatan Kerja dan Budaya Organisasi sebagai Mediator. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 50-63.
Ritonga, B. (2020). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Di MAN 2 Model. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6(2), 246-256.
Robbins, Stephen P. Dan Timothy A. Judge. (2018). Prilaku Organisasi. Organizational Behavior (Buku 1, Edisi Ke 12) Jakarta: Salemba Empat.
Rivai, Veithzal & Deddy M. (2018). Kepemimpinan dan Prilaku. Organisasi Edisi Ketiga. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Supardi. (2016). Kinerja Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Undang-undang Nomor 20 Pasal 3 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Diterbitkan
2023-10-04