Pengaruh Sistem Pelayanan Kependudukan Klampid New Generation Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya

Authors

  • Pratama Harry Bowo Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBMT Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/makreju.v2i1.2665

Keywords:

Service Improvement, Service System, Application System

Abstract

This study aims to investigate the effect of the Klampid New Generation Application System on improving public services in Sawahan Subdistrict, Surabaya City. In the era of digitalization and technological transformation, application systems are one of the tools used to improve the efficiency and effectiveness of public services. Klampid New Generation is one of the application systems introduced to facilitate interaction between local governments and communities in order to improve services. The research method used used a quantitative questionnaire distributed to respondents regarding the use of the Klampid New Generation Application System and their perceptions of public services.

References

Andrianto, Nico. 2007. Good E-government :Transparancy dan akuntabilitas publik melalui e-government. Malang :Banyumedia Publising

Gibson, James L. 1997. Organisasi: Perilaku, Struktur, Proses. Edisi Kelima, Jilid 1, Alih Bahasa Djarkasih. Jakarta: Erlangga

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media

Hiplunudin, Agus. 2017. Kebijakan, Birokrasi, dan Pelayanan Publik. Yogyakarta: Calpulis.

Indrawijaya, Adam Ibrahim. 2010. Teori, Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembaharuan

Mahmudi. 2007. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Pembaharuan

Miles M. B., Huberman A. M., dan Saldana J. 2014. Qualitative Data Analysis, a Methods Sourcebook.USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Moenir, A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Priansa, Donni Juni dan Agus Garnida. 2013. Manajemen Perkantoran Efektif Efisien dan Profesional. Bandung: Alfabeta

Purba, A. 2016. Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Melalui Program E-lampid (Lahir, Mati, Pindah, Datang) di Dispendukcapil Kota Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).

Sedarmayanti. 2012. Good Governance “Kepemimpinan yang Baik” dalam Rangka Otonomi Daerah: Upaya Membangun Organisasi Efektif dan Efisien Melalui Restrukturisasi dan Pemberdayaan. Bandung: Mandar Maju

Siagian, Sondang P. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sinambela, Litjan Poltak. 2011. Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan dan Implementasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Mergel, Ines, et al. "Digital transformation of the German state." Public administration in Germany. Cham: Springer International Publishing, 2021. 331-355.

Sekaran, U., & Bougie,R. 2016. Research methods for business: A skill-building approach (7th ed.). Chichester, UK:Wiley.

Guest, G., Bunce, A., & Johnson, L. 2016. How many interviews are enough? An experiment with data saturation and variability. Field Methods, 18(1), 59- 82.

Sekaran, U. & Bougie, R . 2019. Research methods for business: A skill-building approach (8th ed.). Chichester, UK: Wiley

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik (Indonesia). Diakses tanggal 3 April 2023 dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38748/uu-no-25-tahun-2009

Permen PANRB No 19 tahun 2021 oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Diakses tanggal 3 April 2023 dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/170614/permen-pan-rb-no- 19-tahun-2021

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.14 Tahun 2017 tentangPedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Publik. Diakses tanggal 3 April 2023 dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132600/permen-pan-rb-no-14- tahun-2017

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No.15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan. Diakses tanggal 3 April 2023 dari https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/132734/permen-pan-rb-no-15- tahun-2014

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Diakses tanggal 3 April 2023 dari https://perpus.menpan.go.id/

Peraturan Walikota Surabaya No. 5 Tahun 2013 tentang Pedoman Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Diakses tanggal 3 April 2023 dari https://jdih.surabaya.go.id/uploads/peraturan/perwali_810.pdf

Putri, Alvianty Diana, and Muhammad Roisul Basyar. "Implementasi Klampid New Generation dalam Peningkatan Pelayanan Publik di Kelurahan Klampis Ngasem Kota Surabaya." ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2.2 (2023): 694-701.

Harpy, Meyva, Muchtolifah Muchtolifah, and Fauzatul Laily Nisa. "The Klampid New Generation Application as a Support for the Quality of E-Government Based Public Services in the City of Surabaya." Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara 14.2 (2022): 189-203.

Dewi, Bahij Berliana Kusuma. "OPTIMALISASI KUALITAS DALAM PELAYANAN KALIMASADA DENGAN APLIKASI KLAMPID NEW GENERATION (KNG) DI KANTOR KELURAHAN PACARKELING

KOTA SURABAYA." PRAJA observer: Jurnal Penelitian Administrasi Publik (e-ISSN: 2797-0469) 3.01 (2023): 146-150.

Fahrur Rozi, Rozi. Program Klampid Sebagai Perwujudan Pelayanan Prima Masa Pandemi Covid-19 di Kecamatan Bubutan Kota Surabaya. Diss.

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, 2022.

Hidayatulloh, Krisna Syarif, and Muhammad Roisul Basyar. "Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan melalui Aplikasi KNG (Klampid New Generation) di Kelurahakan Pegirian, Kecamatan Semampir, Kota Surabaya." ULIL

Downloads

Published

2024-01-11

How to Cite

Pratama Harry Bowo. (2024). Pengaruh Sistem Pelayanan Kependudukan Klampid New Generation Terhadap Peningkatan Pelayanan Publik Di Kecamatan Sawahan Kota Surabaya. Manajemen Kreatif Jurnal, 2(1), 181–189. https://doi.org/10.55606/makreju.v2i1.2665