Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Seblak Pasta Taman Siswa

  • Retno Septiana Universitas Widya Mataram
  • Bangun Putra Prasetya Universitas Widya Mataram
Keywords: Service Quality, Product Quality, Consumer Satisfaction, Seblak Pasta, Multiple Linear Regression, Consumer Loyalty

Abstract

This research aims to analyze the influence of service quality and product quality on consumer satisfaction at Seblak Pasta Taman Siswa. Service quality includes various aspects of interaction and service provided by staff to customers, while product quality is related to the taste, appearance and consistency of the seblak pasta served. The research method used was a survey with a questionnaire distributed to 120 respondents who were customers of Seblak Pasta Taman Siswa. The collected data was analyzed using multiple linear regression to determine the influence of the variables studied on consumer satisfaction. The research results show that both service quality and product quality significantly influence consumer satisfaction, with product quality having a stronger influence. These findings provide practical implications for the management of Seblak Pasta Taman Siswa to continue to improve service standards and product quality in order to increase customer satisfaction and maintain consumer loyalty.

References

Agussalim, M., & Ali, H. (2017). Model Kepuasan Pelanggan: Analisis KualitasProduk Dan Kualitas Layanan Terhadap Citra Merek Pada Giant Citra Raya Jakarta. Jurnal Manajemen, 21(3), 317–335.

Assauri, Sofjan. 2015. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Rajawali Pers. Sangadji, E.M dan Sopiah 2015. Prilaku Konsumen : Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta : Andi.

Familiar, K., & Ida Maftukhah. (2015). Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 4(4), 348–354.

Habibah, U. (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura. JEB17: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(01).

Hartanto, A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan dan Lingkungan Fisik Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi di De Mandailing Cafe Surabaya. Agora, 7(1), 2019.

Hermawan, S. (2018). Analisis Proses Pelayanan Ijin Mendirikan Bangunan Di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Semarang (Doctoral dissertation, Faculty of Social and Political Sciences).

Joko Bagio Santoso. 2019. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Harga Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun)” 16 (01): 127–46.

Kastawan mandala, and Muhammad Ryan Fauzi. 2019. “Purposive Sampling.” Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Inovasi Produk Terhadap Kepuasan Untuk Meningkatkan Loyalitas Pelanggan 8 (11): 6741–61.

Kotler, P. A. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Krisdianti, Dika Lambang, and Fakultas Ilmu Administrasi. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran Pizza Hut Malang Town Square” 70 (1): 36–44.

Krisnawati, S. N. (2016). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan SPBU No. 64.751. 15 Samarinda. E Journal Administrasi Bisnis

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2011). Service marketing, people, technology, strategy (7th ed.). New Jersey: Pearson Prentince Hall.

Panjaitan, J. E., & Yuliati, A. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada JNE Cabang Bandung [The Influence of Service Quality on Customer Satisfaction at JNE Branch in Bandung]. DeReMa (Development Research of Management): Jurnal Manajemen, 11(2), 265-289.

Peter J. Paul dan Olson Jerry C. (2010). Consumer Behavior and Marketing Strategy.(9th ed.). Mc Graw Hill.

Purnomo Edwin Setyo. 2017. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen „Best Autoworks” 1.

Rahmawati, D. A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Omah Seblak Krenyeng di Sidoarjo (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya).

Septiyaningrum, E., Fajar, R. N., Fermiana, D., Utami, Y. A., & Fergiawan, D. (2023, January). PENGARUH HARGA, KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEBLAK PASTA TAMAN SISWA BAGI MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI (STIE) WIDYA WIWAHA YOGYAKARTA. In Prosiding Seminar Nasional dan Call Paper STIE Widya Wiwaha (Vol. 1, pp. 17-33).

Tjiptono, Fandy. 2012. Service, Quality & Satisfaction (Yogyakarta: CV Andi Offset).

Weenas, Jackson R.S. 2013. Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Spring Bed Comforta. Jurnal EMBA vol.1 no.4 Desember 2013.

Wijaya, T. (2011). Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1.Indeks. Jakarta

Zahara, M., Andreansyah, N., & Relawati, R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Restoran KFC Lampung. Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 2(1).

Published
2024-05-31
How to Cite
Retno Septiana, & Bangun Putra Prasetya. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Di Seblak Pasta Taman Siswa. Manajemen Kreatif Jurnal, 2(2), 60-72. https://doi.org/10.55606/makreju.v2i2.3040