Kebijakan Tugas Pokok Guru sebagai Wujud Pembentukan Jiwa Kepemimpinan di SPS Tunas Jaya Desa Surabayan

Authors

  • Imam Syafi’i Universitas PGRI Adi Buana PSDKU Kampus Lamongan
  • Sofia Tri Septiawati Universitas PGRI Adi Buana PSDKU Kampus Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.55606/makreju.v2i4.3383

Keywords:

Policies, Duties, Teachers

Abstract

The Policy on Teachers' Main Duties as a Means of Developing Leadership Spirit for Teachers of Early Childhood Education Units (SPS) Tunas Jaya, Surabayan Village. Data collection was conducted through interviews with the Principal and Vice Principal as a step to assess the appropriateness of policy implementation by teachers at the Early Childhood Education Unit (SPS) Tunas Jaya, Surabayan Village, Sukodadi Subdistrict, Lamongan Regency.

References

Borg, W. R., & Gall, M. D. (2003). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Boston: Pearson.

Hasan, S. (2017). Membangun Kepemimpinan dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Rajawali, 1999)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 103 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2015). Pedoman Peningkatan Kompetensi Guru. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.

Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004)

Nugroho, P. (2020). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Surabaya: Pustaka Belajar.

Pratama, I. M. (2016). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pendidikan dan Pelatihan: Studi Kasus di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 12(2), 1-14.

Suparlan, Guru Sebagai Profesi, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2006)

Suparlan, Menjadi Guru Efektif, (Yogyakarta: Hikayat Publishing, 2005)

Suyanto, B., & Muhaimin, M. (2011). Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Usman, Moh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, Edisi Kedua, 2005)

Downloads

Published

2024-11-07

How to Cite

Imam Syafi’i, & Sofia Tri Septiawati. (2024). Kebijakan Tugas Pokok Guru sebagai Wujud Pembentukan Jiwa Kepemimpinan di SPS Tunas Jaya Desa Surabayan. Manajemen Kreatif Jurnal, 2(4), 01–07. https://doi.org/10.55606/makreju.v2i4.3383