Optimalisasi Retribusi Parkir oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Malang untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kepanjen

Authors

  • Laura Aki Tasurruni Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Siti Munawaroh Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Rizka Angelia Putri Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Umi Kulsum Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • R Muhamad Mahrus Alie Universitas Islam Raden Rahmat Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/makreju.v3i1.3812

Keywords:

Digital Collection System, Local Original Revenue (PAD), Optimization of Parking Levy

Abstract

This study aims to evaluate various strategies for optimizing parking fees to increase their contribution to the PAD of Malang Regency. The method used is a combination of primary data collection through direct interviews with the Malang District Transportation Office and secondary data in the form of literature, laws and regulations, and data from BPS Malang District. The results showed that there are 68 official parking spots in Kepanjen, all of which are categorized as Public Parking Lots (TJU) with deposits varying from Rp10,000 to Rp300,000 per week. Planned optimization efforts include digitizing the QRIS-based retribution collection system and improving supervision through regular monitoring, applying strict sanctions, and curbing illegal parking attendants. The Malang District Transportation Office targets to increase the contribution of the parking sector to PAD by 20% per year with a target revenue from public roadside parking services by 2025. The implementation of a comprehensive optimization strategy has implications for increasing the effectiveness, transparency, and accountability of parking management so that it can make a significant contribution to strengthening regional finances.

References

Auliya Arsyad, W. (2024). Implementasi Peraturan Bupati Nomor 95 Tahun 2017 tentang Perubahan Tarif Retribusi Pelayanan Parkir di Tepi Jalan Umum di Jalan Hos Cokroaminoto Ponorogo (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Ponorogo).

Estiningsih, W., & Nurranto, H. (2020). Analisis efektivitas pajak parkir dalam meningkatkan pendapatan asli daerah di wilayah Jakarta Selatan. Sosio e-kons, 12(02), 172-183.

Fahani, T. A., & Rahmani, N. A. B. (2024). Analisis peranan pajak parkir dalam upaya meningkatkan pendapatan asli daerah Kota Medan. Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ilmu Ekonomi (Jasmien), 5(02), 41-47.

Hawati, T. M., Oktaviani, R., & Falatehan, A. F. (2017). Strategi optimalisasi penerimaan retribusi pelayanan parkir tepi jalan umum Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 19(1), 49-70.

Herza, J., Suprojo, A., & Lestari, D. C. (2021). Strategi dinas perhubungan dalam pengelolaan parkir kendaraan bermotor di wilayah Kota Malang (Studi pada bidang perparkiran di Dinas Perhubungan Kota Malang) (Doctoral dissertation, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang).

Hidayat, A., Munandar, A., & Armidiana, A. (2018). Implementasi kebijakan pengelolaan parkir Kota Bandung. Publica: Jurnal Pemikiran Administrasi Negara, 10(2), 73-86.

Novitasari, D. A. (2024). Analisis efektivitas dan kontribusi retribusi parkir terhadap pendapatan asli daerah Kota Madiun (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Madiun).

Nugroho, B., & Santoso, A. (2020). Transparansi pengelolaan parkir untuk meningkatkan akuntabilitas industri parkir. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 8(1), 45-60.

Nur Hadriyanti Zainal, H. (2018). Analisis pengelolaan retribusi parkir pada UPTD Perparkiran Dinas Perhubungan Kota Parepare (Doctoral dissertation, Politeknik STIA LAN Makassar).

Pemerintah Republik Indonesia. (2000). Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2000 tentang Perubahan atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 1997 tentang Pajak dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sekretariat Negara. Available at: https://peraturan.bpk.go.id/Download/33722/UU%20Nomor%2034%20Tahun%202000.pdf

Pemerintah Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sekretariat Negara. Available at: https://djpk.kemenkeu.go.id/attach/post-no-28-tahun-2009-tentang-pajak-daerah-dan-retribusi-daerah/UU-427-973-UU_28_Tahun_2009_Ttg_PDRD.pdf

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah. Jakarta: Sekretariat Negara. Available at: file:///C:/Users/asus_/Downloads/PP%20Nomor%2035%20Tahun%202023.pdf

Prabawa, A. N. M. P. (2023). Optimalisasi peran Bhabinkamtibmas dalam penanggulangan kelompok radikal di Polres Brebes. Indonesian Journal of Police Studies, 7(11), 1-82.

Prasetyo, H., Herawati, N., & Auliyah, R. (2023). Pengaruh penerapan e-SAMSAT, tingkat ekonomi, dan biro jasa terhadap motivasi membayar pajak kendaraan bermotor. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan (JIAKu), 2(4), 355-368.

Wicaksono, A., et al. (2022). Adaptasi juru parkir dan masyarakat dalam beralih ke sistem digital. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 10(2), 123-135.

Widaty, F., Adiyanto, M. R., & Angraeni, M. S. (2024). Strategi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui retribusi parkir Kabupaten Pamekasan. Maro: Jurnal Ekonomi Syariah dan Bisnis, 7(2), 177-195.

Downloads

Published

2025-02-28

How to Cite

Laura Aki Tasurruni, Siti Munawaroh, Rizka Angelia Putri, Umi Kulsum, & R Muhamad Mahrus Alie. (2025). Optimalisasi Retribusi Parkir oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Malang untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah di Kepanjen. Manajemen Kreatif Jurnal, 3(1), 127–138. https://doi.org/10.55606/makreju.v3i1.3812