Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif (Studi Kasus Pembelian Produk Ponsel Apple Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro)

  • Tsaltsa Awani Arzakia Universitas Dian Nuswantoro
  • Mahmud Universitas Dian Nuswantoro
Keywords: harga diri, pengendalian diri, materialisme, perilaku pembelian kompulsif

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji indikator psikologis yang dominan dari perilaku kompulsif seperti harga diri, pengendalian diri dan materialisme. Responden dalam penelitian ini berjumlah 101 orang, berdasarkan sebaran survei online selama 14 hari. Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro yang membeli ponsel Apple berpartisipasi dalam survei ini. Non-probability sampling adalah metode pemilihan yang digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga diri dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif. Sedangkan pengendalian diri tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif.

Published
2023-01-21
How to Cite
Tsaltsa Awani Arzakia, & Mahmud. (2023). Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Perilaku Pembelian Kompulsif (Studi Kasus Pembelian Produk Ponsel Apple Pada Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro). Manajemen Kreatif Jurnal, 1(1), 75-98. https://doi.org/10.55606/makreju.v1i1.974