Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Sekolah di Era Revolusi Industri 4.0
DOI:
https://doi.org/10.55606/makreju.v1i1.989Keywords:
Kepemimpinan Kepala Sekolah, Revolusi Industri 4.0, Mutu Sekolah.Abstract
Artikel ini bertujuan untuk menganalisis mengenai kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah di era revolusi industry 4.0. Metode yang digunakan dalam artikel ini yaitu studi literatur. Data diperoleh dengan cara mengkaji berbagai sumber lteratur. Hasil menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah pada era revolusi industri 4.0 diharuskan untuk selalu mengikuti perkembangan teknologi dalam menjalankan kepemimpinannya. Hal ini, sangat mempengaruhi mutu sekolah dalam menghadap perkembangan zaman. Salah satu unsur yang harus direalisasikan kepala sekolah dalam kepemimpinannya yaitu peran penting kepemimpinan untuk menjalankan kepemimpinannya secara efektif dan efisien. Kepala sekolah diharapkan dapat meninjau kembali sistem yang telah terapkan selama ini, apakah sistem tersebut telah jalan dan sesuai dengan perkembangan di era revolusi industry 4.0.
References
A.A Ketut Jelantik, (2019). Dinamika Pendidikan Dan Era Revolusi Industri 4.0 (Deepublish), h.80
A.F.Stoner James, DKK, (1996). Manajemen , Edisi Indonesia, Penerbit PT. Prenhallindo, Jakarta
Abdul Muis, Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 (LAKSANA, 2019) , h.12- 13
Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan Kepala Sekolah DalamMenghadapi Era Revolusi Industri 4.0 Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65. https://doi.org/10.31851/jmksp.v 5i1.3538
Hoy, Wayne dan Miskel, Cecil. G. (2013). Educational Administration, Theory, research and Practice 9th edition. New York: McGraw Hill
Kartono, Kartini. 2011. Pemimpin dan Kepemimpinan.Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada. Muktiana, Maria Linda. 2018. Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Prodi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta: Skripsi
Nanang Fattah, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, ( Bandung: Remaja Rosda Karya, 2012) hlm 2
Nursyifa, A. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0: Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.
Pigozzi, Mary Joy. (2007). Quality in Education Defines ESD. Journal of Education for Sustainable Development. 1(1). Hlm. 27-35
Prof.Dr.H.Syaiful Sagala, S.Sos., M.Pd (2018). Pendekatan & Model Kepemimpinan,(Jakarta: Prenada Media group).
Sallis, Edward. (2005). Total Quality Management in Education. London: Taylor&Francis e-Library
Salsabila, S,& Mukti, J. N. (2020). Penerapan Kepemimpinn untuk Mencapai kemajuan organisasi ( sebuah studi literature tentang kepemiminanDalam organisasi). In Prosiding Seminar Nasional LP3M (Vol. 2).
Scheerens, Jaap. dkk. (2011). Perspectives on Educational Quality. New York : Springer
Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution, Switzerland: World Economic Forum.
Sudarwan Danim, Visi Baru Manajemen Sekolah: Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik ( Jakarta: Bumi Aksara, 2008), hlm. 53
Supriyadi, Oding. (2009). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Layanan Terhadap Mutu Pendidikan di Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 6(2). Hlm. 98- 111
Surani, D. (2019). Studi Literatur: Peran Teknologi Pendidikan dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469.
Talizaro, Tafonao & Fransiskus Irwan Widjaja, Manahan Uji Simanjuntak, Dewi Lidya S, Rini Sumanti Sapalakkai, (2021). Trik Dan Tips Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Industri 4.0 Dalam Mewujudkan Perguruan Tinggi Yang Transformatif. Jurnal Educatio Volume 7, No.4, 2021, pp. 1724-1730, https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/view/1562/1020
Unwanullah, A. (2015). Industrialisasi Dan Tantangannya Pada Sektor Pendidikan. Jurnal Economia, 11(2), 107. https://doi.org/10.21831/economia.v11i2.8237
Yulizar & Farid. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah di Era Disrupsi. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, hal 1060-1072. (Palembang; Program Pascasarjana Universitas PGRI)