ANALISA PENGEDALIAN KUALITAS PADA PROSES PRODUKSI CYLINDER BLOCK EJ59 UNTUK MENGURANGI CACAT PRODUK MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE KAIZEN PADA PT. ASIAN ISUZU CASTING CENTER
DOI:
https://doi.org/10.51903/juritek.v3i2.1756Kata Kunci:
Kaizen, Pengendalian Kualitas, 5W 1H, Pelaksanaan 5-S.Abstrak
Asian Isuzu Casting Center merupakan perusahaan yang bergerak dibidang manufaktur casting parts fo engine. Dengan produk utama Cylinder Block EJ59. Pada bulan Januari-2022 s/d Maret-2023 masih ditemukan produk yang tidak sesuai dengan spesifikasi atau cacat. Jumlah kecacatan setiap bulannya dengan rata-rata keseluruhan sebesar 4%, bila dijumlahkan produksi Cylinder Block EJ59 sebanyak 200.923 per-unit dan terdapat produk defect sebanyak 17.911. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengurangi cacat produk pada produksi Cylinder Block EJ59. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada proses produksi Cylinder Block EJ59 dibagian moulding terdapat empat jenis defect yaitu defect sunakui, defect yakitsuki, defect yumore, dan defect norokui. Dari hasil peta kendali P menyatakan bahwa keempat jenis produk defect yang diperoleh tidak ada yang melewati batas control UCL maupun batas control LCL. Maka dari itu kerusakan pada proses produksi Cylinder Block EJ59 masih berada di dalam batas-batas pengendalian. Dari hasil Fmea didapatkan nilai RPN (Risk Priority Number) dari keempat jenis defect antara lain 350,270,240 dan 150. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada proses produksi Cylinder Block EJ59 dari hasil diagram fishbone adalah faktor manusia, metode, mesin dan bahan baku. Setelah diketahui penyebab defect, maka dilakukan usulan perbaikan menggunakan 5W+1H dan pelaksanaan 5S guna mengurangi jumlah defect pada proses produksi Cylinder Block EJ59 yaitu dengan membuat jadwal perawatan dan pembersihan mesin produksi, pengecekan bahan baku diawal sebelum masuk kegudang penyimpanan bahan baku, mengawasi operator terkait penuangan cairan pouring kedalam cetakan mould dan diberlakukan SOP agar operator memiliki kedisiplinan dan loyalitas pada saat bekerja
Referensi
B. R. Heizer J. (2005). Manajemen Operasi. Jakarta,.
Bonar, H., Luthfi, P. & An, A. L. F. (2018). Analisis Pengendalian Kualitas Dengan Menggunakan Metode Six Sigma.
Santosa, D. B., Purnawan, S. M., & Budiastuti, P. (2021). Buku Panduan Membangun Karakter Siswa SMK Melalui Kaizen. Yogyakarta.
Sinulingga & Sukaria. (2018). Metode Penelitian. Medan : USU Press. Suryoputro,
Sutrisno & Badri, R. (2012). Pengendalian Kualitas Produk Dengan Pendekatan Model SQC (Statistikal Quality Control) Aplikasi model pada Perusahaan Furniture. Universitas Widya Dharma Klaten.
Nastiti & Heni. (2014). "Analisis pengendalian kualitas produk dengan metode Statistical Quality Control Studi Kasus: pada PT “X” Depok." Sustainable Competitive Advantage (SCA) 4.1
Windarti, T. & Ibrahim, M. (2017). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Donat Madu. Jom FISIP Volume 4 No. 2 Oktober 2017, pp. 1–10.