Aplikasi APLIKASI E-LEARNING BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL STUDI KASUS : SMA 1 NAGRAK
E-learning
DOI:
https://doi.org/10.51903/juritek.v2i3.539Kata Kunci:
E-learning, waterfall, covid-19, onlineAbstrak
SMAN 1 Nagrak merupakan sekolah menengah atas yang berada diprovinsi Jawa Barat khususnya Kabupaten Sukabumi. Pada masa pandemi seperti saat ini, kegiatan belajar mengajar mewajibkan dilakukan secara daring. Hal dikarenakan sebagai upaya mencegah penyebaran virus covid-19 dalam bidang pendidikan. Hal ini tentunya menjadi hambatan proses pembelajaran, oleh karena itu dibutuhkannya suatu media pembelajaran e-learning untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam rangka memenuhi pembelajaran e-learning khususnya di SMAN 1 Nagrak, penulis mengenakan metode waterfall yang merupakan model pengembangan rekayasa perangkat lunak. Dalam penelitian ini, menghasilkan sebuah aplikasi e-learning bebasis web sebagai penunjang saran pembelajaran secara online. Dengan adanya aplikasi e-learning ini diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik serta memudahkan guru untuk memberikan materi pembelajaran, latihan soal-soal ujian dan pengumpulkan tugas terhadap siswa dalam pandemi ini.
Referensi
[2] N. K. Suni Astini, “Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19,” Cetta J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 2, pp. 241–255, 2020, doi: 10.37329/cetta.v3i2.452.
[3] A. Sadikin and A. Hamidah, “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,” Biodik, vol. 6, no. 2, pp. 214–224, 2020, doi: 10.22437/bio.v6i2.9759.
[4] M. M. El Iq Bali, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning,” Tarbiyatuna Kaji. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, p. 29, 2019, doi: 10.29062/tarbiyatuna.v3i1.198.
[5] S. Aidah, “Pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran di STIA AL GAZALI BARRU (suatu studi terhadap pemanfaatan model e-learning berbasis software claroline),” Meraja J., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2019.
[6] U. I. N. S. U. Medan, “Jurnal Pendidikan dan Konseling,” Al-Irsyad, vol. 105, no. 2, p. 79, 2017, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf
[7] J. Sundari, R. K. Serli, and Y. Budiarti, “E-Learning Pada SMP Islam Daarut Taufiq Tangerang Dengan Metode Waterfall,” vol. 8, no. 1, pp. 99–105, 2022.
[8] A. Rifai and Y. P. Yuniar, “Penerapan Metode Waterfall Dalam Perancangan Sistem Informasi Ujian Pada SMK Indonesia Global Berbasis Web,” J. Khatulistiwa Inform., vol. 7, no. 1, pp. 1–6, 2019, doi: 10.31294/jki.v7i1.5736.
[9] S. G. Sakti, N. R. Hidayati, and I. D. Kurniawati, “Aplikasi E-Learning Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Fisika Web-Based E-Learning Application in Physics Lessons,” Senatik, vol. 3, no. 1, pp. 453–442, 2020, [Online]. Available: http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1657/1378
[10] M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
[11] Sudaria, A. S. Putra, and Y. Novembrianto, “Sistem Manajemen Pelayanan Pelanggan Menggunakan PHP Dan MySQL ( Studi Kasus pada Toko Surya ),” Tekinfo, vol. 22, no. 1, pp. 100–117, 2021.
[12] W. Abdullah, “Model Blended Learning Dalam Meningkatkan,” Ejournal.Kopertais4, vol. 7, no. 1, pp. 855–866, 2018, [Online]. Available: ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/fikrotuna/article/download/3169/2359/
[13] H. Harmianto, A. Fuad, and A. Khairan, “Sistem Informasi Penjualan Online Berbasis Web Untuk Kemudahan Penjualan Barang Di Kota Ternate,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 1, no. 2, pp. 85–91, 2018, doi: 10.33387/jiko.v1i2.774.
[14] D. Rahmawati, A. S. Prabowo, and R. Purwanto, “Implementasi Model Waterfall pada Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Prestasi Mahasiswa,” J. Innov. Inf. Technol. Appl., vol. 3, no. 1, pp. 82–93, 2021, doi: 10.35970/jinita.v3i1.678.