PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MEDIA BERGAMBAR TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Harmi Harmi IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i3.391

Kata Kunci:

Module Development, Pictorial Media-Based Practicum, Heat Theme and Its Transfer

Abstrak

The  purpose  of  this  study  was  to  determine  the  analysis  of  learning  needs,  to  determine  the  design  or design,  to  test  the  validity  and  to  test  the  practicality  of  the  practicum  module  based  on  pictorial  media. This research  uses  Research and  Development research type.  The model  used  is the  ADDIE development model  consisting  of  5  stages,  namely:  (1)  analysis  stage,  (2)  design  stage,  (3)  develop  stage,  (4) implementation and  evaluation  stage and  4  stages  of  which are  used  in  this  study.  The  finished module  is validated  by  3  validators, namely:  language  validator,  design  validator, and  material  validator. The results of  the  validation  are  then  analyzed  to  determine  the  validity  of  the  product,  it  is  very  valid  with  a percentage of 89%. The results are evidenced by the value of material experts 87.5%, the value of linguists 96.8%, the value of design experts 82.5%.

Referensi

Alawiya, F, (2013), ‘Peran Guru Dalam Kurikulum 2013’, Aspirasi, 4.1 (2013), 65–74 <http://jurnal.dpr.go.id/index.php/aspirasi/article/view/480>.

Guru Wali Kelas V SDN 136 Cendana Hijau Kec. Wotu Kab. Luwu Timur.

Hanafi, (2017) "Konsep Penelitian R & D Dalam Bidang Pendidikan", Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman, 4.2, 129–50.

Indriana, Tasya, Siswa Kelas V SD Negeri 136 Cendana Hijau Kec. Wotu Kab. Luwu Timur, Wawancara pada tanggal 28 Maret 2022.

Lestari, E. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Eksperimen IPA Kelas V SD/MI (Doctoral dissertation, UIN Rad en Intan Lampung).

Murdatiningsih, Wali kelas V SD Negeri 136 Cendana Hijau Kec. Wotu Kab. Luwu Timur, Wawancara Guru pada tanggal 12 Januari 2022.

Putra, Adita Widara, (2012), ‘Mixed-Method : Penerapan Model Bengkel Sastra Untuk Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Drama Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia’, Universitas Pendidikan Indonesia, 2012.

Rendi, Tasya, Siswa Kelas V SD Negeri 136 Cendana Hijau Kec. Wotu Kab. Luwu Timur, Wawancara pada tanggal 28 Maret 2022.

Siyoto, Sandu, (2015), "Dasar Metodologi Penelitian", 2015.

Tasya, Siswa Kelas V SD Negeri 136 Cendana Hijau Kec. Wotu Kab. Luwu Timur, Wawancara pada tanggal 28 Maret 2022.

Tegeh, I Made, (2016), dkk, “Model Penelitian Pengembangan, (Grahayu ilmu : Yogyakarta November, h. 54.

Undang Undang Republik Indonesia No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

‘Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional’, 2003 <https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf>.

Wijayaningtyas, Maranatha, Fuad Achmadi, and Togi Halomoan Nainggolan, (2018), ‘Persepsi Generasi Milenial Terhadap Green Building Di Malang’, h. 9.

Khoirunnisa,A., Nulhakim, L., & Syachruroji,A. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Promblem Based Learning Materi Perpindahan Kalor Mata PelajaranIPA . Profesi Pendidikan Dasar,7(1),25-36.

Sungkono, ‘Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran’, Usej, 2 (2013).

Diterbitkan

2022-09-21

Cara Mengutip

Harmi Harmi. (2022). PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM BERBASIS MEDIA BERGAMBAR TEMA PANAS DAN PERPINDAHANNYA PADA SISWA KELAS V SEMESTER II DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(3), 188–198. https://doi.org/10.55606/inovasi.v1i3.391