PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE

(Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Negeri Surabaya)

  • Siti Khoirun Nisa Renny Dwijayanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: marketplace shopee, minat beli, online customer review, online customer rating

Abstract

Shopee menjadi salah satu marketplace pilihan masyarakat Indonesia dalam berbelanja online untuk memenuhi kebutuhan esensial sehari-hari, salah-satunya yakni pemenuhan kebutuhan sandang. Fenomena ini menimbulkan terciptanya banyak pelaku bisnis memanfaatkan marketplace Shopee untuk menjual produk fashion dengan memberikan kelebihan dari produk yang ditawarkan. Riset ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh OCR & rating terhadap purchase intention barang fashion di marketplace Shopee. Jenis penelitian berupa penelitian kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling, dan mendapatkan sampel berjumlah 96 responden. Populasi penelitian yang diambil yakni Mahasiswa Fakultas Ekonomika & Bisnis Universitas Negeri Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian didapatkan variabel OCR & rating berpengaruh terhadap variabel purchase intention baik secara parsial maupun simultan. Koefisien determinasi menunjukkan 2 variabel independen memberikan sumbangan sebesar 69,1 % serta sisanya 30,9 % dipengaruhi variabel lain.

References

Chen, C. C., & Chang, Y. C. (2018). What drives purchase intention on Airbnb? Perspectives of consumer reviews, information quality, and media richness. Telematics and Informatics, 35(5), 1512–1523.https://doi.org/10.1016/j.tele.2018.03.019.
Damayanti, R. S. (2019). Pengaruh Online Costumer Review and Rating, E-Service Quality dan Price Terhadap Minat Beli pada Online Marketplace (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Muhammadyah Magelang). Prosiding 2nd Business and Economics Conference In Utilizing of Modern, 684–693.
Dennis, L., Ramdhana, F., Faustine, T. C. E., & Hendijani, R. B. (2020). Influence of Online Reviews and Ratings on the Purchase Intentions of Gen Y Consumers: the Case of Tokopedia. International Journal of Management (IJM), 11(6), 26–40. https://doi.org/10.34218/IJM.11.6. 2020.003.
Farhan Hasrul, A., Suharyati, & Sembiring, R. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli Produk Elektronik di Tokopedia. KORELASI. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi. Fakultas, 2(1), 1352–1365. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1155/857.
Fauzi, S., & Lina, L. F. (2021). Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen Di E-Commerce. Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, 2(1), 21-26.
Florence, Ferlita, A., & Harianto, A. (2019). Pengaruh Online Review Terhadap Purchase Intention Di Hotel Budget Pada Online Travel Agent ( OTA ). Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 31–40.
Gabriela, Yoshua, & Mulyandi M. R. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Minat Beli Pelanggan E-Commerce. Jurnal Jempper, 1(1), 121-125.
Ganyang, M. T., Ritonga, W., Studi, P., Sekolah, M., & Ilmu, T. (2021). Pengaruh Harga dan Customer Reviews Terhadap. 4(2), 373–380.
Haniscara, N. A. & Saino (2021). Pengaruh Online Customer Review Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Di Marketplace Shopee Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening : Studi Pada Generasi Muda Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5(1), 533-543.https://doi.org/10.22437/jssh.v5i1.14173.
Harli, I. I., Mutasowifin, A., & Andrianto, M. S. (2021). Pengaruh Online Consumer Review dan Rating terhadap Minat Beli Produk Kesehatan pada E-Marketplace Shopee Selama Masa Pandemi COVID-19. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(4), 558–572. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.205.
Ichsan, M., Jumhur H. M., Dharmoputra, S. (2018). Effect of Consumer Online Rating and Review to Buying Interst on tokopedia Marketplace Region DKI Jakarta. E-Proceeding of Management, 5(2355–9357).
Mawa, S. F., & Cahyadi I. F. (2021). Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, 9(2), 253-278.
Mehta, C. R., & Patel, N. R. (2010). IBM SPSS Exact Tests. Cambridge Massachusetts: Cytel Software Corporation and Hardvard School of Public Health.
Mulyati, Y., & Gesitera, G. (2020). Pengaruh Online Customer Review terhadap Purchase Intention dengan Trust sebagai Intervening pada Toko Online Bukalapak di Kota Padang. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, Dan Entrepreneurship, 9(2), 173. https://doi. org/10.30588/jmp.v9i2 .538.
Munte, R. N., Girsang, R., & Safitri, A. (2020). Pengaruh Online Consumer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Minat Marketplace Shopee. Jurnal Education and Development. 8(3), 187–192.
Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating Dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Marketplace Shopee. Skripsi, Hlm. 26. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Nurhasanah, S. (2019). Praktikum Statistika 1 Untuk Ekonomika dan Bisnis Aplikasi dengan Ms Excel dan SPSS. Jakarta: Salemba Empat.
Nurhasanah, S. (2019). Praktikum Statistika 2 Untuk Ekonomika dan Bisnis Aplikasi dengan Ms Excel dan SPSS. Jakarta: Salemba Empat.
Pasi, L. N. K., & Sudaryanto, B. (2021). Analisis Pengaruh Online Customer Reviews Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 10(3), 1-12.
Penitasari, N. (2017). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Abon Lele Bang Zay (Studi pada Konsumen Abon Lele Bang Zy di Kota Malang). Thesis. University of Muhammadiyah Malang.
Prakoso, O. T., Asiyah, S., & Abs, M. K. (2017). Pengaruh Online Customer Review, Rating Toko Dan Harga Terhadap Minat Pembelian Di Shopee (Studi pada Mahasiswa Universitas Islam Malang FEB jurusan Manajemen angkatan 2017). Jurnal Riset Manajemen, 82–94.
Resmawa, Ira ningrum, & Siti Masruroh. (2022). Pengaruh Quality of Website , Brand Resonance dan Online Customer Review terhadap Purchase Intention pada Konsumen Agoda.com di Surabaya. Jurnal Ikraith-Humaniora. 6(1), 67–76.
Rohmatulloh, C., & Sari, D. (2019). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening Pada Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, 3(2), 1–8.
Savitri, C., & Fauji R. (2021). Model Electronic Word Of Mouth dan Rating dalam Mempengaruhi Minat Beli pada Marketplace Shopee pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Buana Ilmu, 6(1), 1–12.
Sugiyono, P. D. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, M. A., & Indriani, F. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Kosmetik (Studi Kasus Pada Pengguna Famaledaily Indonesia). Diponegoro Journal of Management, 9, 1–9.
Wahyudi, T. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Online Customer Rating Terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram Pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. Jurnal Riset Manajemen, 19(1), 1. https://doi.org/10.29 303/jrm.v19i1.33.
Wandira, A., & Rahman, T. (2021). Islamic Branding, Viral Marketing, Online Consumer Review, and Purchasing Decision: The Mediating Role of Purchase Intention. Annual International Conference on Islamic Economics and Business (AICIEB), 1, 323–337. https://doi.org/10.18326/ aicieb.v1i0.32.
Wati, R. A., Basamalah, M. R., & Rahmawati. (2018). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Viral Marketing, Dan Customer Online Review Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online Di Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Angkatan 2018 Universitas Islam Malang). Jurnal Riset Manajemen, 101–113.
Published
2022-05-25
How to Cite
Renny Dwijayanti, S. K. N. (2022). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP MINAT BELI PRODUK FASHION DI MARKETPLACE SHOPEE . Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan, 1(2), 148-156. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.356