Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa
DOI:
https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.390Keywords:
influencer marketing, brand awareness, keputusan pembelian, scarlett whiteningAbstract
Merek lokal sangat berkembang dan digemari remaja terutama diproduk kecantikan. Scarlet whitening merupakan salah satu produk kecantikan lokal yang digemari ditengah persaingan perusahaan sejenis dan banyaknya brand lain yang bermunculan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh influencer marketing dan brand awareness terhadap keputusan pembelian produk scarlett whitening pada mahasiswa FEB Universitas Negeri Surabaya. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan teknik purposive sampling yang digunakan dan mengambil 97 sampel responden. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif FEB Unesa angkatan 2018 – 2021. Teknik analisis data yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa influencer marketing dan brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Sedangkan, koefisien determinasi menunjukkan nilai sebesar 67,5 % dari kedua variabel sedangkan sisanya sebesar 32,5 % dipengaruhi oleh variabel lain
References
Butarbutar, L. (2019). Pengaruh Online Customer Review, Influencer Marketing, dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee Pada Mahasiswa/I Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Sumatera Utara.
Duwila, Z., Supandi, A., & Ogi, I. (2022). Pengaruh Celebrity Endorsment, Brand Awareness Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Kota Manado. 10(1), 269–278.
Eliasari, P. R. A., & Sukaatmadja, I. P. G. (2017). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Purchase Intension. Universitas Udayana, 6(12), 6620–6644.
Fadmairza, J. (2021). Pengaruh Influencer Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Scarlett Whitening (Studi Kasus: Remaja Di Kota Pekanbaru).
Fathurrahman, M. M., Triwardhani, D., & Argo, J. G. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Bittersweet By Najla. 346(2), 1209–1218.
Febriana, B., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Kedai Kopi Ruang Temu Kabupaten Tulungagung). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1501–1511.
Girsang, H. T. (2020). Pengaruh Influencer Marketing Dan Marketplace Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Online Traveloka Eats. Repository Universitas Sumatera Utara, 20–21. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29038
Hasian, A. G., & Pramuditha, C. A. (2022). Pengaruh Brand Ambassador , Brand Awareness , Brand Image , Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung Di Palembang ( Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Palembang ). 3(2), 115–121.
Hidayati, N., & Yuliandani, L. (2020). Pengaruh Beauty Vlogger, Citra Merek Dan Label Halal Terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Wardah. JSMA (Jurnal Sains Manajemen Dan Akuntansi), 12(1), 65–76. https://doi.org/10.37151/jsma.v12i1.50
Hutagaol, R. S. R. (2021). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Pada produk Scarlett Whitening. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54
Kotler, P., Armstrong, G., Harris, L. C., & He, H. (2020). Principles of Marketing Eighth Europe an Edition. www.pearson.com/uk
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management 15th Edition.
Pratiwi, C. S., & Sidi, A. P. (2022). Influencer Marketing Terhadap Keputusan. 18(1), 192–204.
Purwanti, Sarwani, & Sunarsi, D. (2020). Pengaruh Inovasi Produk Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt. Unilever Indonesia. Inovasi, 7(1), 24. https://doi.org/10.32493/inovasi.v7i1.p24-31.5442
Putri, & Deniza. (2018). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chicken Nugget Fiesta Di Kota Padang. Jurnal Agrica, 11(2), 70–78. http://ojs.uma.ac.id/index.php/agrica
Rosyadi, M. zaki. (2018). Pengaruh influencer marketing sebagai strategi pemasaran digital era moderen (sebuah studi literatur). I, 14–23.
Silalahi, A. D. H. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Furendori Betta Jakarta Selatan). 1–18.
Smuda. (2018). Influencer Marketing.A Measurement Instrument to determine the Credibility of Influencers.
Sinaga, R. E. M. (2018). Pengaruh Youtube Beauty Vlogger Terhadap Minat Beli Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Produk (Studi Pada Pengguna Kosmetik Maybelline Di Indonesia) (Doctoral Disserta-tion, Universitas Brawijaya)
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Bisnis.
Supiyandi, A., Hastjarjo, S., & Slamet, Y. (2022). Influence of Brand Awareness, Brand Association, Perceived Quality, and Brand Loyalty of Shopee on Consumers’ Purchasing Decisions. CommIT (Communication & Information Technology) Journal, 16(1), 9–18.
Yohanes, K., Suharyati, S., & Ediwarman, E. (2021). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Street Boba. Prosiding SENAPENMAS, 1339. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.15205