Analisis Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Bangsal Sadewa RSUD Saptosari Gunungkidil, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.55606/jempper.v1i2.440Abstrak
Salah satu subsistem yang terdapat dalam sistem kesehatan ialah subsistem pembiayaan kesehatan. Untuk itu, dalam rangka memahami dengan jelas dan lengkap sistem kesehatan maka perlulah dipahami pula tentang subsistem pembiayaan kesehatan. Namun dalam kenyataan hal ini masih kurang dimengerti dan dipahami sepenuhnya dimana masih terdapat permasalahan antara pelayanan kesehatan yang diterima dengan tuntutan pengajuan klaim dan rumah sakit, yaitu pengajuan klaim tidak sesuai dengan prosedur dan tarif dalam Perjanjian Kerjasama (PKS) sehingga menimbulkan masalah bagi rumah sakit, tanpa terkecuali dengan RSUD Saptosari Gunungkidul, Yogyakarta.
Sehingga peneliti tertark untuk melakukan analisis terkait pengajuan klaim BPJS Kesehatan di RSUD Saptosari Gunungkidul, Yogyakarta khususnya pada bangsal rawat inap Sadewa pada bulan januari 2022. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mendapatkan data melalui observsi, wawancara dan Pustaka. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa ada beberapa kendala terkait Klaim BPJS Kesehatan.
Referensi
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan, (2014), Panduan Praktis Teknik Verifikasi Klaim BPJS Kesehatan, Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.
Direktorat Penyusunan APBN, Direktorat Jenderal Anggaran, (2013), Dasar- Dasar Praktek Penyusunan APBN Di Indonesia. Jakarta: Kementerian Keuangan Republik Indonesia.
Ernesta, Honcy, Rina Waty, Yoseph Kenjam, (2020), Faktor Penyebab Keterlambatan Pengajuan Klaim Pasien BPJS Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daerah Soe, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Nusa Cendana, Volume 2 (Nomor 2) 1-14.
Fonda, Muti, Yulia Fitriani, (2021), Studi Literature Review Tentang Analisis Uni Klaim Dalam Menyelesaikan Tagihan Peserta JKN-KIS, Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, STIKes Dharma Landbouw Padang, Volume 2 (Nomor 1) 103-106.
Hardani, dkk, (2020), Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitaif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Irmawati, dkk, (2018), Penyebab Pengembalian Berkas Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Pasien Rawat Inap Ditinjau Dari Syarat-syarat Pengajuan Klaim di RSUD R.A. Kartini Jepara, Jurusan Rekam Medis Dan Informasi Kesehatan Poltekkes Kemenkes Semarang, Volume 1 (Nomor1) 45-51.
Joko, Rizky Manaida, Adisti Rumayar, Grace Kandou, (2017), Analisis Prosedur Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi.
Malonda TD, Rattu AJM, Soleman T., (2015), Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di RSUD Dr. Sam Ratulangi Tondano, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Sam Ratulangi Manado, Volume 5 (Nomor 2b) 436-447.
Khoiriyah, Siti, (2018), Analisis Pemilihan Transportasi Online Roda Dua Di DKI Jakarta Menggunakan Metode AHP, Universitas Bina Sarana Informatika.
Nur, Ririn Khotimah, (2021), Pengelolaan Rekam Medis di RSKIA PKU Muhammadiyah Kotagede, DIY, Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 340/MENKES/PER/III/2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit.
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional.
Siyoto, Sandu dan Ali Sodik, (2015), Dasar Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit Undang-undang Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 Tentang Rumah Sakit
Wahyu, Lenty, Sugeng, (2016), Analisis Faktor Penyebab Keterlambatan Penyerahan Klaim BPJS di RS Panti Nugroho, Prodi DIII Rekam Medis Sekolah Vokasi UGM, Volume 1 (Nomor 1) 22-26.