KEPERCAYAAN SEBAGAI PEMEDIASI CITRA MEREK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN EVENT ORGANIZER
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimak.v3i3.1568Keywords:
citra merk, persepsi harga, kepercayaan, kepuasan konsumenAbstract
Event organizer, adalah jenis perusahaan yang terus berkembang seiring berlalunya waktu. Sultan Event Organizer perlu meningkatkan kepercayaan pelanggan agar dapat berkembang di lingkungan saat ini. Sultan Event Organizer bekerja keras untuk memberikan layanan pelanggan tingkat tertinggi, serta tenaga kerja yang berpengetahuan, terampil, dan berpengalaman. untuk meningkatkan kebahagiaan pelanggan. Penetapan harga yang tepat dapat dikombinasikan dengan pelayanan yang baik untuk memuaskan pelanggan. Ketika pelanggan benar-benar puas, reputasi positif Sultan Event Organizer akan membantu bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan sebagai pemediasi citra merek dan harga terhadap kepuasan konsumen event organizer. Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif, dengan jumlah sampel 100 responden Teknik analisis data menggunakan Smart Pls. Citra merk tidak berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, citra merk berpengaruh terhadap kepercayaan, harga berpengaruh terhadap kepercayaan, harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, citra merk berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen melalui kepercayaan, harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen melalui kepercayaan.
References
Abubakar, A. H., & Sugito, P. (2019). Mediation function brand loyalty on the effects of brand image and price to. Inovasi, 15(2), 159–170. http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/INOVASI
Adhinda, E. G., Arief, M. Y., & Soeliha, S. (2022). Harga dan Suasana Toko (Store Atmosphere) dalam Menentukan Kepuasan Konsumen dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Coffee Shop Titik Kumpul Capore Situbondo. 1(3), 508–522.
Ahmad, K., Muttalib, A., & Hidayat, M. (2019). Analisis Penerapan Brand Image Pada Produk Bulog Di Perum Bulog Divre Sulselbar Di Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(2), 1–13. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/profitability
Amirudin M. Amin, J. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Kopi Kapal Api Di Kota Pekanbaru Amirudin. INVEST : Jurnal Inovasi Bisnis Dan Akuntansi, 2(2), 97–101.
BahctiarA, F., ChandraSaputra, M., & EdoAprilliaAndilala, M. (2018). Analisis Pengaruh Harga, Persepsi Ukuran, Persepsi Reputasi, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepercayaan Konsumen Dalam Menggunakan Transportasi Online (Studi Kasus : GO-JEK Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 2(4), 1638–1647.
Bosnjak, M., Ajzen, I., & Schmidt, P. (2020). The Theory of Planned Behavior: Selected Recent Advances and Applications. In Europe’s journal of psychology (Vol. 16, Issue 3, pp. 352–356). https://doi.org/10.5964/ejop.v16i3.3107
Destari, S., & Simpony, B. K. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Wedding Organizer Menggunakan Metode AHP. Jurnal Teknik Komputer AMIK BSI (JTK), 3(2), 416–420.
Febrida, A., Ridwan, D. H., & Nastiti, D. H. (2020). Analisis Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Thai Tea Pada Generasi Millenial . Jurnal Business Management, Economic, and Accounting, 1, 500–513.
Ghozali, H. L. I. (2015). Partial least squares : konsep, teknik dan aplikasi SmartPLS 2.0 M3 untuk penelitian empiris. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Haryoko, U. B., Delimah Pasaribu, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Firman Dekorasi (Wedding Organizer). Point, 2(1). https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566
Hendri Gimor, & Yuliviona, R. (2021). PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DENGAN KEPERCAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SATE TAICHAN SENAYAN BUNCAB. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bunghatta, 5(1), 86–98.
Imam Ghozali, H. L. (2015). Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS. BPFE.
Kotler, P. dan G. A. (2018). Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition.
Kotler, P. dan K. L. K. (2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. PT. Indeks.
Maharani Purnama, P. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Pada Loyalitas Konsumen Wedding Organizer Di Kota Prabumulih. Jurnal Ilmu Manajemen, 7(2), 140. https://doi.org/10.32502/jimn.v7i2.1564
Noviana Devi, H. N. (2017). PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI PENJUALAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DENGAN KEPERCAYAAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PT. ALLIANZ LIFE INDONESIA DI JAKARTA. Uta45, 5, 2.
Pasaribu, L. N., & Purba, K. (2020). The influence of trust on the online purchase decisions with buying interest on the social networking site Instagram: case study of online shop users on Instagram. Research, Society and Development, 9(10), e8669109119. https://doi.org/10.33448/rsd-v9i10.9119
Pratama, A. G. (2020). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MELALUI KEPERCAYAAN PADA PENGGUNA HANDPHONE OPPO DAN TINJAUANNYA DARI SUDUT PANDANG ISLAM : (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Angkatan 2016 Universitas YARSI). Universitas YARSI.
Prihartono, R. M. S. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). Jimea, 4(1), 106–113.
Rangkuti, F. (2017). Customer Care Excellent Meningkatkan Kinerja Perusahaan melalui Pelayanan Prima Plus Analisis Kasus Jasa Raharja. Gramedia Pustaka Utama.
Rosida, K., Wilujeng, B., Dwiyanti, S., & Puspitorini, A. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI XPRESSI WEDDING ORGANIZER. Jurnal Tata Rias, 10, 43–49.
Sahroma, K. S. P., & Anasrulloh, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pada Nadzira Wedding Organizer Tulungagung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi Dan Kewirausahaan (JPEAKU), 1(2), 57–62. https://doi.org/10.29407/jpeaku.v1i2.16670
Selfina Aprinniza, Junaidi Sagir, L. M. furka. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA WEDDING ORGANIZER JANUR KUNING LOMBOK. Jurnal Manajemen Risiko Dan Keuangan Syariah, 1.
Sondakh, C. (2014). Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, vol.3(Kualitas Layanan, Citra Merek Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah Dan Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Pada Nasabah Taplus BNI Cabang Manado)), 19–32.
Sugiyono. (2011). Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta. Bandung:Alfabeta.
Sukmawati, R. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Garden Cafe Koperasi Mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(2), 130–142.
Wulandari, J., & Komalasari, E. (2022). Pengaruh Strategi Pemasaran Usaha Jasa Wedding Organizer Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Ud. Julia Pelaminan Pekanbaru. Valuta, 8(1), 68–76.
Yana, R. (2015). PENGARUH CITRA MEREK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DAN LOYALITAS PELANGGAN (Survei Pada Konsumen Produk Busana Muslim Dian Pelangi Di Malaysia). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 21(1), 85795.
Yunita Fitri Wahyuningtyas. (2016). PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA BISNIS FRANCHISE MINUMAN. JURNAL KAJIAN BISNIS, 24(2), 144–153.