STRATEGI PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PARIWISATA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI DESA WISATA MEAT
DOI:
https://doi.org/10.55606/jimak.v2i1.1527Kata Kunci:
Kearifan lokal, sumber daya manusia pariwisata, budayaAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah menggali dan mengangkat nilai kearifan lokal di masyarakat desa wisata meat dan mendeskripsikan hasil penelitian menjadi satu strategi pengembangan sumber daya manusia pariwisata berbasis kearifan lokal untuk mendukung sadar wisata dan kualitas pariwisata yang berkelanjutan di kawasan Danau Toba baik itu melalui pendidikan dan pelatihan pariwisata secara formal maupun non-formal. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa sangat pentingnya peran dari masyarakat lokal di daerah tujuan wisata. Peran tersebut bahwa masyarakat merupakan pelaku utama yang harus melaksanakan dan menghadirkan sapta pesona. Masyarakat adalah sumber daya manusia pariwisata utama untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan berdasarkan karakter cipta sadar wisata yang diangkat dari nilai kearifan lokal masyarakat masing-masing.
Kata Kunci : Kearifan lokal,sumber daya manusia pariwisata,budaya
Referensi
[2] Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, and Mixed Methods Approaches. USA: Sage Publications, Inc
[3] Creswell, John W. 2017. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantittatif dan Campuran. Yogya: Pustaka Pelajar
[4] Damanik, Janianton dan Weber, Helmut F. (2006). Perencanaan Ekowisata. Yogyakarta :
[5] Pitana, I Gde. dan Surya Diarta, I Ketut. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata.Yogyakarta: Penerbit Andi
[6] Sugiyono. 2006, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif, Bandung Alfabeta
[7] Undang-Undang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif No.12 tahun 2020.