Analisa Kepuasan Penggunaan Website RETA (Rekap Tagihan) Pada PT. Telekomunikasi Selular Menggunakan Metode Webqual 4.0
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupikom.v1i3.553Kata Kunci:
Analisa Kepuasan, Webqual 4.0, Kualitas Kegunaan, Kualitas Informasi, Kualitas Interaksi Layanan, Kepuasan Pengguna/KeseluruhanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kualitas website RETA (Rekap Tagihan) yang digunakan Admin Support dari PT. Telekomunikasi Selular dengan metode Webqual 4.0 yang berfokus pada beberapa variabel bebas diantaranya Usability Quality (Kualitas Kegunaan) sebagai X1, Information Quality (Kualitas Informasi) sebagai X2, Service Interaction Quality (Kualitas Interaksi Layanan) sebagai X3 dan variabel terikat yaitu User Satisfaction /Overall (Kepuasan Pengguna/Keseluruhan) sebagai Y. Peneliti menggunakan metode penelitian seperti wawancara, penyebaran kuesioner kepada 103 responden dengan menggunakan skala likert, serta melakukan studi pustaka. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 berpengaruh sebesar 90,39%, X2 sebesar 88,11%, X3 sebesar 88,74%, dan untuk Y sebesar 89,13% dengan nilai rata – rata sebesar 89,09% pada perhitungan nilai setiap dimensi. Untuk hasil perhitungan koefisien korelasi diketahui X1 memiliki nilai 0,72, X2 memiliki nilai 0,848, dan X3 memiliki nilai 0,702 artinya ketiga variabel bebas tersebut mempunyai hubungan kuat dan positif, dan variabel bebas tersebut dapat diterima. Untuk uji T hasil yang didapatkan diketahui X1 memiliki nilai t hitung sebesar 2,156, X2 memiliki nilai t hitung sebesar 7,619, dan X3 memiliki nilai t hitung sebesar 2,098 artinya lebih besar dari t tabel yaitu 1,984 menandakan ketiga variabel bebas berpengaruh secara parsial terhadap variabel terikat. Untuk uji F hasil yang didapatkan diketahui nilai F hitung sebesar 100,22 artinya lebih besar dari F tabel yaitu 2,696 menandakan ketiga variabel bebas berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat.