Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion terhadap Purchase Intention pengguna Shopee pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1292Kata Kunci:
Content Marketing, Sales Promotion, Purchase Intention.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Content Marketing, Sales Promotion terhadap Purchase Intention Pengguna Shopee pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Jenis Penelitian adalah Asosiatif Kuantitatif yaitu suatu metode yang diukur menggunakan metode berbasis regresi linier berganda dengan SPSS. Populasi Penelitian ini adalah Mahasiswa tahun ajaran 2019/2020 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammdiyah Sumatera Utara yang berjumlah 396 orang. Sampel diperoleh dari hasil perhitungan menggunakan teknik Random Sampling sebesar 80 orang.
Proses pengumpulan data diperoleh dengan melakukan wawancara ( Observasi ) dan Kuisioner. Pengujian Hipotesis dengan menggunakan uji t, dan koefisien determinasi (R2). Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan Uji Instrumen, Uji Asumsi Klasik, Uji Statistik dan Uji Hipotesis. Berdasarkan dari uji penelitian yang dilakukan maka diperoleh hasil : (1) Content Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention Pengguna Shopee pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (2) Sales Promotion berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention Pengguna Shopee pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. (3) Secara simultan diketahui nilai Fhitung>Ftabel (75.536>2,33) artinya bahwa Content Marketing, Sales Promotion secara simultan bepengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention Pengguna Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Referensi
Chang, A. Y. P. (2017). A study on the effects of Sales Promotion on consumer involvement and purchase intention in Tourism industry. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(12), 8323–8330. https://doi.org/10.12973/ejmste/77903
Fadhillah, I. (2019). Analisis E-Commerce Sebagai Ekonomi Digital Dalam Mendorong Pertumbuhan Perekonomian Kota Medan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Umkm Di Kota Medan). Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, 19.
Harahap, D. A. (2018). Perilaku Belanja Online Di Indonesia: Studi Kasus. JRMSI - Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 9(2), 193–213. https://doi.org/10.21009/jrmsi.009.2.02
Ruhamak, M. D., & Rahayu, B. (2017). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Lembaga Kursus Bahasa Inggris Dynamic English Course Pare. Ekonika : Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri, 1(2), 188–204. https://doi.org/10.30737/ekonika.v1i2.14
tutik pebrianti. (2020). artikel shpee dalam kasus kp 1. Pengaruh Iklan Internet Dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Shopee Bagi Konsumen Kayuagung, IV, No 1. https://ekobis.unisti.ac.id/index.php/ejurnal/article/view/64
Yusuf, R., Hendawati, H., & Wibowo, L. A. (2020). Pengaruh Konten Pemasaran Shoppe Terhadap Pembelian Pelanggan. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan IImu Sosial, 1(2), 506–515. https://doi.org/10.38035/JMPIS