PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PROMOSI PADA UNIT PENYEWAAN MOBIL BUMDES KALIBURU

Penulis

  • Adelvia Vernanda Universitas Tadulako
  • Niluh Putu Evvy Rossanty Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1299

Kata Kunci:

Digital Marketing, Promosi, BUMDes.

Abstrak

Penggunaan media sosial pada unit rental mobil sebelumnya masih minim dan setoran bulanan tidak mencapai target sehingga diperlukan promosi dengan cakupan yang lebih luas. Pelaksanaan kegiatan diberikan dalam bentuk diskusi dengan metode demonstrasi dan memberikan praktek langsung disertai dengan tutorial pembuatan akun media digital. Alat dan bahan yang digunakan adalah laptop sebagai penampil tutorial yang digunakan. Ponsel dan paket data digunakan untuk mengakses media digital dalam pembuatan akun BUMDes Kaliburu. Hasil yang dicapai melalui kegiatan membangun desa mandiri oleh mahasiswa program studi S1 ​​Manajemen berupa laporan hasil kegiatan selama tahap pelaksanaan yaitu: Kunjungan ke unit-unit BUMDes, Evaluasi Kunjungan, Pembuatan Google Business Account, Pembuatan E-Flyers, dan Promosi Media Sosial.

Saran untuk pembuatan Akun WhatsApp Business, dengan menggunakan WhatsApp Business diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan promosi yang dilakukan oleh BUMDes Kaliburu.

Referensi

Anggraini, I., Nasrullah, A., & ... (2022). Digital Marketing Potensi Desa Dalam Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). …, 5(01), 19–23. http://ejournal.lppmsttpagaralam.ac.id/inde x.php/ngabdimas/article/view/447%0Ahttp
://ejournal.lppmsttpagaralam.ac.id/index.ph p/ngabdimas/article/download/447/359
Nugrahaningsih, P., Hanggana, S., Murni, S., Hananto, S. T., Asrihapsari, A., Syafiqurrahman, M., Zoraifi, R., & Hantoro, S. (2021). PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT MELALUI PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DAN PEMASARAN DIGITAL PADA BUMDes BLULUKAN GEMILANG. Kumawula:
Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 8.
https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.29 574



Oktariyanda, T. A., Tauran, T., Fanida, E. hany, Niswah, F., Megawati, S., & Eprilianto, D. febriyan. (2021). Pelatihan Digital Marketing Sebagai Strategi Branding Produk Unggulan BUMDes Karya Sejahtera, Desa Pepelegi, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 870–875. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2640
Purwana, D., Rahmi, R., & Aditya, S. (2017).
Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1–17. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.1.01
Putri, D. W., & Karmila, H. (2022). Diagram Jumlah Peserta Sosialisasi. 1(2), 155–160.
Rahmayanie, A. M., Afiffah, A. V., & Anggraini, I. D. (2022). Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Alternatif Pengembangan Strategi Promosi Konveksi BUMDes. 4(2), 123–133.
https://doi.org/10.23917/bkkndik.v4i2.191 86
Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/a bdimas
Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing : Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124.
https://doi.org/10.24123/jbt.v5i1.3028
Sanjaya, P. K. A., Hartati, N. P. S., & Premayani, N. W. W. (2020). “Pemberdayaan Pengelola Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ) Berdikari Melalui Implementasi Digital Marketing System.” Carrade : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 65–75. https://journal.ilininstitute.com/index.php/c aradde%0Ahttps://doi.org/10.31960/caradd e.v3i2.467
Talalu, T. R., Putri, C. F. I. L. D., & Mokodompit, I. V. (2021). Digital Marketing: Metode Utama Komunikasi Pemasaran Atraksi Wisata Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). ETTISAL : Journal of Communication, 6(2), 215. https://doi.org/10.21111/ejoc.v6i2.6619

Diterbitkan

2023-04-18

Cara Mengutip

Adelvia Vernanda, Niluh Putu Evvy Rossanty, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). PENERAPAN DIGITAL MARKETING UNTUK PENINGKATAN PROMOSI PADA UNIT PENYEWAAN MOBIL BUMDES KALIBURU. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 2(2), 84–91. https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i2.1299