PENGARUH FREE GIFT DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DI MS GLOW KEDIRI BY YOWANITA
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i3.679Kata Kunci:
Free Gift, Diskon, Keputusan PembelianAbstrak
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh free gift dan diskon terhadap keputusan pembelian produk skincare di MS Glow Kediri by Yowanita. Penelitian bersifat kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian produk pertama yang mendapatkan free gift dan diskon selama bulan Juni yaitu sebanyak 64 konsumen. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Yaitu menggunakan seluruh anggota populasi sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel free gift memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk Skincare di MS Glow Kediri by Yowanita dengan nilai sig t yaitu 0,000 < 0,05. Variabel Diskon berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk Skincare di MS Glow Kediri by Yowanita dengan nilai sig t yaitu 0,196 > 0,05. Variabel Free Gift dan Diskon berpengaruh secara simultan terhadap variabel Keputusan Pembelian Produk Skincare di MS Glow Kediri by Yowanita dengan nilai sig F yaitu 0,000 < 0,05.
Referensi
Alma, B. (2018) Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. 2014. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Cetakan 15. Jakarta: Rineka Cipta.
Basuki, I.N. (2021) Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Harga, Dan Pemberian Hadiah Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Ghealsyshoes Malang Jawa Timur). Universitas Islam Negeri Maulana Malik brahim.
Dewi, I.K. (2018) Pengaruh Diskon terhadap Keputusan Pembelian dan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online. Universitas Brawijaya.
Dwi, D.M., Pradiani, T. and Rachmawati, I.K. (2021) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Diskon, Dan Keputusan Pembelian Online Maharani Prima Skin Care Di Blitar’, Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 2(1).
Ferdinand, A. (2014) Metode Penelitian Manajemen. Semarang: BP Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2011) Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: BP Universitas Ponorogo.
Kotler, P. and Armstrong (2008) Prinsip – Prinsip Pemasaran. ke 12. Jakarta: PT. Indeks.
Peter, P.J. and Jerry J. Olson. (2013) Perilaku Kosumen Dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salembe Empat.
Putra, N.I. (2018) Pengaruh Diskon dan Pemberian Hadiah terhadap Pembelian Impulsif Pada Fashion Retail (Survei Online pada Konsumen Matahari Department Store di Malang Town Square). Universitas Brawijaya.
Sudaryono (2014) Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Jakarta: Lentera Alfabeta.
Sugiyono. (2016) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT. Alfabet.
Sule, E.T. and Kurniawan Saefullah (2007) Pengantar Manajemen Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.
Suliyanto (2011) Ekonometrika Terapan: Teori Dan Aplikasi Dengan SPSS . Yogyakarta.
Sutisna (2012) Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Ke 2. Bandung: Remaja osdakarya.
Syofian, S. (2014) Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tjiptono, F. (2014) Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Andi.
Widuri, T. (2012). Analisis Kinerja Keuangan berdasarkan rasio profitabilitas dan Z-score model. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(3).