ANALISIS KEAMANAN SISTEM INFORMASI MOBILE BANKING TERHADAP NASABAH STUDI KASUS: BANK RAKYAT INDONESIA (BRI)
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupsim.v2i1.801Kata Kunci:
Keamanan sistem informasi, Mobile banking, Nasabah.Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem keamanan yang ada pada mobile banking. Internet banking sekarang menjadi metode transaksi yang paling nyaman dan aman. Ini adalah sesuatu yang banyak orang senang gunakan. Karena itu, sistem informasi harus dikembangkan secepat mungkin untuk mendeteksi potensi masalah. Bank sering menyediakan layanan perbankan untuk transaksi mata uang, dengan tujuan utama membuat transaksi lebih mudah bagi pelanggan. Mobile banking adalah langkah pertama dalam evolusi bank menjadi penyedia layanan keuangan (FSP). Dalam hal ini, fungsi bank lebih dari sekedar tempat menyimpan dan menarik uang. Metode yang peneliti lakukan adalah kualitatif yang dimana menggunakan data sekunder dan menggunakan studi literatur yang ada pada artikel dan jurnal. Sistem keamanan yang ada pada bank BRI sudah aman karena memiliki izin dari OJK dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) oleh karena itu nasabah tidak perlu khawatir dalam hal ini. BRI mobile banking juga mempunyai keamanan Teknologi biometrik yang dipunyai oleh aplikasi BRImo adalah bisa login ke akun BRImo menggunakan keamanan sidik jari dan face recognition atau pengenalan wajah.
Referensi
Perbanas Jakarta),” JUTISI, vol. 5, no. 2, pp. 1042–1047, 2016.
Suherman, P. Widodo, and D. Gunawan, “Efektivitas Keamanan Informasi Dalam Menghadapi Ancaman Social Engineering,” J. Prodi Peperangan Asimetris, vol. 3, no. 1, pp. 73–90, 2017.
Budi Rahardjo, "Aspek Teknologi Dan Keamanan Dalam Internet Banking",