PENGARUH NILAI TRANSAKSI E-COMMERCE TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2021

Penulis

  • Budi Dharma Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Mudrikah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zsasa Aulia Hubara Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i3.857

Kata Kunci:

Transaksi, E-Commerce, Pertumbuhan Ekonomi

Abstrak

Lahirnya ekonomi baru dipengaruhi oleh pesatnya perkembangan terknologi informasi dan komunikasi, hal ini ditandai dengan fenomena bisnis berbasis internet atau e-commerce. Perkembangan teknologi juga diikuti dengan perkembangan cara menyampaikan informasi dalam berkomunikasi sehingga aktivitas menjadi lebih cepat dengan menggunakan internet dengan aplikasi sosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahu pengaruh nilai transaksi e-commerce terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia selama tahun 2017-2021. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diambil dari Badan Pusat Statistik, dan Bank Indonesia. Hasil penelitian menunjukan e- commerce berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia tahun 2017-2021.

 

 

Referensi

Chrisy, Firdhy E (2021). bank indonesia: transaksi e-commerce agustus 2020 naik hingga mencapai 140 juta. diambil kembali dari tempo.co: https://data.tempo.co/data/1070/proyeksi-transaksi-e-commerce-2021

Dianari, R. G. F. (2019). Pengaruh E-Commerce Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia. Bina Ekonomi, 22(1), 43–62. https://doi.org/10.26593/be.v22i1.3619.45-64

Economides, N. (1996). The economics of networks. International Journal of Industrial

Organization, 14(2), 1-36.

Elseoud, M. S. A. (2015). Electronic commerce and economic growth in Saudi Arabia.

International Journal of Economics, Commerce and Management, 2(5), 1-16.

Firdaus, M. (2007). Posisi Indonesia dalam era peradaban informasi. Jurnal Administrasi

Negara, 13(2).

Freund, C. L., & Weinhold, D. (2004). The effect of the internet on international trade.

Journal of International Economics, 62(1), 171-189. doi:10.1016/S0022-1996(03)00059-

Nasution, E. Y., Hariani, P., Hasibuan, L. S., & Pradita, W. (2020). Perkembangan Transaksi Bisnis E-Commerce terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia. Jesya, 3(2), 506–519.

Qu, L., & Chen, Y. (2014). The impact of e-commerce on China’s economic

growth. WHICEB 2014 Proceedings.

Salsabilla, F. M., & Ardhiyansyah, A. (2021). Peran E-Commerce Dalam Pembangunan Ekonomi Di. SENAKOTA-Seminar Nasional Ekonomi Dan Akuntansi, 1(1), 240–247.

Widagdo, Prasetyo Budi. 2016. “Analisis Perkembangan¬ E-commerce Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Wilayah di Indonesia”, Universitas Gajah Mada

Diterbitkan

2022-12-30

Cara Mengutip

Budi Dharma, Azizah Mudrikah, & Zsasa Aulia Hubara. (2022). PENGARUH NILAI TRANSAKSI E-COMMERCE TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI INDONESIA TAHUN 2017-2021. Jurnal Publikasi Sistem Informasi Dan Manajemen Bisnis, 1(3), 260–266. https://doi.org/10.55606/jupsim.v1i3.857