DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SMARTPHONE ANDROID MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS 6 PADA MATA PELAJARAN SISTEM OPERASI KOMPUTER SMK GUNUNG SARI 1 MAKASSAR

  • Ashabul Taufik Universitas Islam Makassar
  • Andi Muh. Akbar Saputra Universitas Islam Makassar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana desain media pembelajaran smartphone android dan tingkat kelayakan media pembelajaran smartphone android pada mata pelajaran sistem operasi komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development, dengan menggunakan model pengembangan 4D yaitu Define (Pendefenisian), berisi kegiatan untuk menetapkan produk apa yang akan dikembangkan, beserta spesifikasinya. Tahap ini merupakan kegiatan analisis kebutuhan, dilakukan melalui penelitian dan studi literature. Design (Perancangan), berisi kegiatan untuk membuat rancangan terhadap produk yang telah ditetapkan. Development (Pengembangan), berisi kegiatan membuat rancangan menjadi produk dan menguji validitas produk secara berulang – ulang sampai dihasilkan produk yang sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Dessemnation (Diseminasi), berisi kegiatan menyebarkan produk yang telah untuk dimanfaatkan orang lain.Tahap produksi dihasilkan produk awal yang kemudian di review oleh ahli materi dan ahli media. Hasil review diadakan revisi sesuai dengan saran kedua ahli tersebut. Tahap evaluasi, produk diuji cobakan kepada siswa, subjek ujicoba adalah siswa kelas X TKJ SMK Gunung Sari 1 Makassar. Data diperoleh dengan angket, skor diberikan dalam skala 1-4. Hasil yang diperoleh dari validasi ahli media adalah 78,33%, dan hasil validasi dari ahli materi diperoleh 92,30%, dengan rata – rata persentase dari kedua validator adalah 85,31%. Hasil uji coba kecil adalah kategori baik dengan persentase 100%, kemudian uji coba kelompok besar 75% dalam kategori baik dengan frekuensi 12 orang, kemudian 25% dalam kategori cukup baik dengan frekuensi 4 orang. Berdasarkan hasil tersebut, media pembeljaran smartphone android menggunakan adobe flash cs6 mendapatkan pandangan yang baik digunakan sebagai media pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk media pembelajaran berbasis smartphone android menggunakan adobe flash cs6 ini telah memenuhi kaidah penelitian dan pengembangan dan baik digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa SMK kelas X TKJ SMK Gunung Sari 1 Makassar

Referensi

[1] Akbar, Amrullah. 2008. Adobe Flash CS6. Yogakarta: Penerbit Andi Yogyakarta
[2] Arsyad Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
[3] Daryanto. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
[4] Firdausi, Arif. Rifai & Barnawi. (2012). Profil Guru SMK Profesional. Yogyakarta: Ar-Ruz Media
[5] Huda , Arif Akbarul. (2013). 9 Aplikasi Buatan Sendiri. Yogyakarta: ANDI
[6] Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Lembaran Negara RI Tahun 2003, No. 20. Sekretariat Negara. Jakarta.
[7] Rahayu Rizky Prhatamie. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran dengan Keterampilan Menyimak pada Materi L'Identite Menggunakan Adobe Flash CS6 Berbasis Mobile Aplication Brsesitem Operasi Android untuk Siswa Kelas X. Skripsi: UNY
[8] Roger S. Pressman. 2005. Rekayasa Perangkat Lunak. Yokyakarta: Andi
[9] Satyaputra dan Aritonang. (2014). Beginning Android Programming with ADT Budle. Jakarta: Elex Media Komputindo
[10] Siti Fatmawati. 2015. Pengembangan Mobile Learningberbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJsmk Hidayah Semarang. Skripsi: UNNES.
[11] Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
[12] Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
[13] Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Diterbitkan
2023-01-20