Tahap Development dalam Metode ADDIE Pengembangan Bahan Ajar berbasis Mobile
DOI:
https://doi.org/10.55606/jupti.v3i2.3207Kata Kunci:
Aplikasi Mobile, Bahan Ajar, Tahap PengembanganAbstrak
Bahan ajar merupakan sumber ilmu yang memiliki kegunaan sebagai sumber informasi yang digunakan oleh guru dan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar. Bahan ajar cetak saat ini memilihi harga yang mahal dan sulit diperoleh. Perkembangan teknologi saat ini mendukung pengembangan bahan ajar secara modern dan dapat diakses kapan dan dimana saja. Bahan ajar berbasis mobile sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Melalui produk tersebut guru dapat memberikan materi secara lengkap disertai dengan panduan untuk melakukan praktikum. Guru dapat memantau progres belajar siswa dari aplikasi dan memandu apabila terdapat pertanyaan dari siswa. Siswa dapat menggunakan produk tersebut dengan bimbingan langsung dari guru. Sehingga proses pembelajarana akan terarah dengan baik. Dalam artikel ini membahas tahap development dari metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation). Tahap analyze and design telah terbit pada artikel yang lain. Tahap pengembangan ini membahas mengenai awal pembentukan produk hingga menjadi produk. Produk yang dikembangkan dapat dilihat mulai dari tampilan awal masuk, menu utama yang berisi fitur-fitur yang ada pada aplikasi, menu materi yang berisi berbagai materi dan tombol fungsi di dalam beserta menu kuis dengan tombol-tombol yang berguna sebagai penunjang pengerjaan kuis.
Referensi
Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer
Carvalho, F.O., Endler, M., & Silva, F.S. (2019). Leveraging Application Development for the Internet of Mobile Things. Open J. Internet Things, 5, 105-116.
Chan, J.H., & Hong, J.L. (2016). Mobile Security and its Application. International journal of security and its applications, 10, 89-106. DOI:10.14257/IJSIA.2016.10.10.10
Idris, N., Yusof, N., & Hashim, S.Z. (2013). A model for adaptive selection of learning material in an intelligent learning system using combination of supervised and unsupervised machine learning techniques.
Ispir, B. (2016). Interactive Media Steer in Educational Television Programs. DOI:10.4018/978-1-4666-8844-5.CH008
Ishengoma, F.R., & Mtaho, A.B. (2014). Online Social Network as a Tool for Facilitating e-Learning in Tanzania. International Journal of Open Information Technologies, 2, 29-35.
Kusmaryani, W., Musthafa, B., & Purnawarman, P. (2019). The influence of mobile applications on students’ speaking skill and critical thinking in English language learning. Journal of Physics: Conference Series, 1193. DOI:10.1088/1742-6596/1193/1/012008
Kusuma, H.A., & Apriyanto, S. (2018). Strategy on Developing English Learning Material for Specific Purposes. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application). DOI:10.31764/ijeca.v1i3.2144
Pospelova, V., Villalba, M.T., Castillo-Martínez, A., López-Baldominos, I., Fernández-Sanz, L., Misra, S., & Castillo-Martínez, A. (2023). Mobile Application Development Skills Set Aligned with the E-Cf Framework and Industry Needs. Tehnicki vjesnik - Technical Gazette. DOI:10.17559/tv-20221008125905
Rohman Muhammad dan Amri Sofan. (2013). Strategi & Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatf R&D. Bandung: Alfabeta.
Yakob, M., Saiman, Sofiyan, Sari, R.P., & El Islami, R.A. (2020). The effectiveness of science experiment through multimedia teaching materials to improve students’ critical thinking. Journal of Physics: Conference Series, 1567. DOI:10.1088/1742-6596/1567/4/042018
Zainulloh, Kusumaningrum, S.R., & Dewi, R.S. (2022). Review Empowerment 21st Century Skills in Elementary School Science Learning through Need for Flipbook based Digital Teaching Materials. Formosa Journal of Sustainable Research. DOI:10.55927/fjsr.v1i7.2298